Bertemu 180 Menit, Presiden Biden dan Presiden Putin Bahas Keamanan Siber hingga Nuklir
Joe Biden dan Vladimir Putin. (Wikimedia Commons/Official White House/David Lienemann)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin, sepakat untuk memulai pembicaraan keamanan siber dan pengendalian senjata, dalam pertemuan pertama keduanya di Jenewa, Swiss Rabu 16 Juni.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Biden menyoroti beberapa hal, misalnya terkait serangan terhadap jaringan pipa bahan bakar Amerika Serikat pada Mei lalu, yang menyebabkan gangguan di sepanjang Pantai Timur AS.

Presiden Biden juga menguraikan kepentingan vital AS, termasuk keamanan siber, dan menjelaskan kepada Putin bahwa Amerika Serikat akan merespons jika Rusia melanggar kekhawatiran itu.

Kedua pria itu menggunakan basa-basi yang hati-hati untuk menggambarkan pembicaraan mereka di sebuah vila di tepi danau Swiss, dengan Presiden Putin menyebutnya konstruktif dan tanpa permusuhan. Sementara, Presiden Biden mengatakan tidak ada pengganti untuk diskusi tatap muka.

Mereka juga setuju untuk mengirim duta besar mereka kembali ke ibu kota mereka. Rusia menarik utusannya, setelah Biden mengatakan pada Bulan Maret jika Putin adalah seorang 'pembunuh', dengan AS menarik duta besarnya segera setelah itu. Presiden Putin mengatakan, dirinya puas dengan penjelasan Presiden Biden tentang pernyataan itu. 

Tapi tidak ada yang menyembunyikan perbedaan mereka pada isu-isu seperti hak asasi manusia, di mana Biden mengatakan konsekuensi bagi Rusia akan 'menghancurkan', jika kritikus Kremlin yang dipenjara Alexei Navalny meninggal, atau dunia maya, di mana Washington menuntut Moskow menindak serangan ransomware yang berasal dari Rusia.

"Saya memandangnya dan mengatakan bagaimana perasaan Anda jika ransomware mengambil jalur pipa dari ladang minyak Anda? Dia mengatakan itu penting," jelas Presiden Biden kepada wartawan pada konferensi pers tunggal, yang merupakan ilustrasi ketegangan antara kedua negara, seperti melansir Reuters Kamis 17 Juni.

"Apa yang terjadi jika perusahaan ransomware itu duduk di Florida atau Maine, dan mengambil tindakan seperti yang saya katakan, pada satu-satunya jalur kehidupan ekonomi mereka, minyak? Itu akan menghancurkan," katanya, seraya menambahkan bahwa dia bisa melihat pertanyaan itu. berdampak pada pejabat Rusia.

Berbicara kepada wartawan di hadapan Presiden Biden, Presiden Putin menepis kekhawatiran AS tentang Navalny, kehadiran militer Rusia yang meningkat di dekat perbatasan timur Ukraina dan tudingan AS, Rusia bertanggung jawab atas serangan siber di Amerika Serikat.

Dia juga mengatakankan Washington tidak dalam posisi untuk menceramahi Moskow tentang hak, menjawab pertanyaan tentang tindakan kerasnya terhadap saingan politik dengan mengatakan, dia berusaha menghindari gangguan gerakan populer seperti Black Lives Matter.

"Apa yang kami lihat adalah kekacauan, gangguan, pelanggaran hukum dan lain-lain. Kami bersimpati kepada Amerika Serikat, tetapi kami tidak ingin itu terjadi di wilayah kami dan kami akan melakukan yang terbaik untuk tidak membiarkan hal itu terjadi. itu terjadi," terang Presiden Putin.

Presiden Putin juga seperti mempertanyakan legitimasi penangkapan para perusuh yang menyerang Capitol Hill, Washington D.C pada 6 Januari, berusaha untuk menghentikan sertifikasi Biden sebagai presiden, setelah dia mengalahkan pendahulunya Donald Trump dalam pemilihan umum dengan lebih dari tujuh juta suara.

Tidak ada pihak yang memberikan perincian tentang bagaimana pembicaraan keamanan siber yang direncanakan mereka akan terungkap, meskipun Biden mengatakan dia mengatakan kepada Putin bahwa infrastruktur penting harus "terlarang" untuk serangan siber, dengan mengatakan ini termasuk 16 sektor yang tidak dia identifikasi. 

"Kami membutuhkan beberapa aturan dasar jalan yang bisa kita semua patuhi," kata Presiden Biden kepada Presiden Putin.

Sementara, Presiden Putin mengatakan dia yakin beberapa kompromi dapat ditemukan, meskipun dia tidak memberikan indikasi kesepakatan pertukaran tahanan.

Presiden Putin menyebut Presiden Biden, mitra yang konstruktif dan berpengalaman, dan mengatakan mereka berbicara "bahasa yang sama." Namun dia menambahkan bahwa tidak ada persahabatan, melainkan dialog pragmatis tentang kepentingan kedua negara.

Namun, keduanya mengatakan mereka berbagi tanggung jawab untuk stabilitas nuklir, dan akan mengadakan pembicaraan tentang kemungkinan perubahan pada perjanjian pembatasan senjata START Baru yang baru saja diperpanjang serta masalah kontrol senjata lainnya.

Seorang pejabat senior AS mengatakan kepada wartawan Biden, Putin, menteri luar negeri dan penerjemah mereka bertemu pertama kali selama 93 menit. Setelah istirahat, kedua belah pihak bertemu selama 87 menit dalam kelompok yang lebih besar yang termasuk duta besar kedua negara.