Ribuan Produk IKEA hingga Lenovo Senilai Ratusan Juta Dolar Tertahan di Terusan Suez
Kapal kontainer The Ever Given. (Wikimedia Commons/kees torn)

Bagikan:

JAKARTA - Kapal kontainer raksasa The Ever Given tak lagi memblokir Terusan Suez, Mesir. Namun, imbas peristiwa yang terjadi 23 Maret lalu masih terasa hingga saat ini. Ribuan produk masih berada di atas kapal, termasuk milik IKEA dan Lenovo, karena proses hukum yang berlarut-larut. 

IKEA dan Lenovo bersama sejumlah perusahan lain masih harus menjalani pertempuran hukum yang berlarut-larut dengan harapan dapat memulihkan barang senilai ratusan juta dolar yang telah terjebak di kapal kontainer yang disita selama berbulan-bulan.

Perusahaan yang lebih kecil seperti pembuat sepeda Inggris Pearson 1860 dan Snuggy UK, yang membuat selimut yang dapat dipakai, juga memiliki pesanan penting yang macet.

"Kami tidak berharap banyak untuk melihat saham kami tahun ini dan meskipun diasuransikan dalam perjalanan, kami menduga akan ada sedikit peluang untuk melihat penyelesaian selama berbulan-bulan jika tidak bertahun-tahun," terang Will Pearson, direktur Pearson 1860, kepada CNN Business seperti dikutip Rabu 16 Juni. Perusahaannya memiliki produk senilai lebih dari 100.000 dolar Amerika Serikat (AS) di kapal.

terusan suez
Terusan Suez. (Wikimedia Commons/Mmelouk)

Pengadilan Mesir menyita Ever Given dan 18.300 kontainer kargonya, setelah Otoritas Terusan Suez mengajukan klaim kompensasi awal senilai 916 juta dolar AS terhadap pemilik kapal Jepang Shoei Kisen Kaisha, atas kerusakan dan kerugian yang terjadi ketika kapal kandas di bagian sempit kanal.

Selama proses hukum berlangsung, kapal kontainer The Ever Given dan muatannya ditahan di Great Bitter Lake, kanal di Terusan Suez.

Beberapa perusahaan dengan produk di kapal kontainer Ever Given mengatakan kepada CNN Business, bahwa mereka tidak mengetahui status barang mereka saat proses hukum berlanjut, dan dikecualikan dari negosiasi seputar pembebasan mereka. Bahkan jika kesepakatan tercapai, perusahaan atau perusahaan asuransi mereka kemungkinan besar akan terikat untuk sebagian dari penyelesaian.

Perusahaan mungkin dipaksa untuk membayar di bawah prinsip hukum maritim yang disebut rata-rata umum, yang mengharuskan pihak terlibat dalam perjalanan untuk berbagi biaya secara proporsional jika terjadi kerugian. Prinsip ini berakar pada peraturan perdagangan maritim yang ditetapkan oleh rakyat Rhodes lebih dari satu milenium yang lalu di tempat yang sekarang disebut Yunani.

"Jika seseorang (pemilik kapal dalam kasus ini) mengeluarkan biaya yang luar biasa untuk kebaikan bersama, maka semua orang diminta untuk berkontribusi untuk itu," kata Jai ​​Sharma, kepala korban kargo di Clyde & Co., firma hukum yang mewakili perusahaan dan asuransi dengan kargo lebih dari 100 juta dolar AS di Ever Given. Perusahaan memperkirakan nilai total barang di atas kapal berkisar antara 600 juta dolar AS hingga 700 juta dolar AS.

ever given
Kapal kontainet The Ever Given di Terusan Suez. (Sumber: Suez Canal Authority)

Shoei Kisen Kaisha menolak berkomentar untuk cerita ini. Sementara, Otoritas Terusan Suez (SCA) tidak menanggapi beberapa permintaan komentar.

Terpisah, IKEA mengatakan kepada CNN Business mereka memiliki berbagai produk di atas kapal, tetapi menolak untuk memberikan rincian lebih lanjut tentang pengiriman tersebut. Adapun Lenovo mengonfirmasi mereka juga memiliki kargo di atas kapal, dan seorang juru bicara mengatakan perusahaan sedang menjajaki cara untuk memulihkan barang.

Taruhannya bahkan lebih tinggi untuk perusahaan seperti EasyEquipment, sebuah bisnis kecil Inggris yang tidak memiliki asuransi laut pada lemari es komersial senilai 100.000 ribu dolar AS yang seharusnya dikirim ke restoran sebelum pembatasan virus corona mereda pada Mei.

"Kami tidak hanya kehilangan semua keuntungan dari pesanan penting ini, tetapi ini juga memengaruhi bisnis restoran yang berharap untuk membuka kembali pintu mereka setelah penguncian," tukas CEO Michael Shah. 

"Kita terjebak dalam limbo ini, dan saya tahu saya harus membayar tagihan (rata-rata umum) tambahan ini untuk mendapatkan kembali saham saya," tambahnya.

Pearson 1860 mengatakan telah menerima beberapa pembaruan mengenai negosiasi hukum dan status pengirimannya dari otoritas kanal, Shoei Kisen Kaisha atau Evergreen, yang mengoperasikan kapal tersebut.

"Tampaknya ada pergeseran kesalahan dan perselisihan asuransi yang sedang berlangsung antara pemilik kapal, Evergreen dan otoritas Terusan Suez," kata Pearson.

Keluhan lain digaungkan oleh Snuggy, sebuah bisnis kecil Inggris yang didirikan dua tahun lalu. Co-founder Jack Griffiths mengatakan, produk terlarisnya senilai lebih dari 550.000 dolar AS, selimut yang dapat dipakai berkerudung, ada di kapal. 

Bisnis ini hanya membuat dua pesanan besar per tahun, dan yang satu ini dimaksudkan untuk menyelesaikannya hingga awal musim dingin. Griffiths mengatakan, penundaan itu menyebabkan masalah arus kas besar bagi bisnis.

"Kami belum diberi tahu tentang apa pun, kami benar-benar tidak berdaya dan dibiarkan dalam kegelapan. Saya berharap kami terlibat atau bahkan terus mengikutinya, tetapi kami tidak melakukannya. Ini benar-benar bukan posisi yang bagus untuk menjadi masuk dan itu adalah rintangan yang akan dihadapi sebagian besar bisnis baru untuk dilewati," keluhnya