Polisi Tambah Personel "Kawal" Uji Coba Jalur Sepeda <i>Road Bike</i>
ILUSTRASI/ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya bakal mempertebal personel yang dikerahkan dalam rangka uji coba road bike di kawasan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat. Personel itu akan menertibkan para pesepada.

"Kami dari pihak Ditlantas Polda Metro Jaya, kami akan menempatkan personel, penembalan. Kemudian upaya preemtiv, kemudian preventiv kami juga, tentu dalam uji coba jalur road bike tersebut," ucap Wadirlantas Polda Metro Jaya AKBP Rusdy Pramana Suryanagara kepada wartawan, Minggu, 6 Juni.

Meski demikian, tak dirinci jumlah personel yang disiagakan tersebut. Hanya disampaikan, anggota yang disiagkan nantinya mengarahkan para pesepeda untuk tetap berada di jalur sepeda.

"Selama satu minggu ini juga kita sudah mulai preemtiv dan preventif mengerahkan bagi pengendara kendaraan tidak bermotor khususnya di Sudirman-Thamrin untuk masuk dalam jalurnya," ujarnya.

Di sisi lain, Rusdy menyebut berdasarkan data, selama sepekan terakhir para pesepeda dinilai sudah tertib aturan. Sehingga, tidak ada penindakan yang dilakukan.

"Terpantau selama satu minggu ini, para pengemudi kendaraan tidak bermotor sudah paham bahwa ketentuan di UU Lalu Lintas, untuk kendaraan tidak bermotor wajib masuk ke dalam jalur untuk kendaraan tidak bermotor apabila sudah disiapkan," kata Rusdy.

"Alhamdulillah semua kondusif, selama satu minggu ini sebagian besar masyarakat sudah bisa mematuhi aturan tersebut," sambung dia.

Sebagai informasi, uji coba jalur sepeda road bik di Sudirman-Thamrin akan dilakukan pada Senin, 7 Juni. Para pesepeda diperbolehkan melintas di kawasan tersebut mulai pukul 05.00-06.30 WIB.