Berlangsung Sepekan, Uji Coba Jalur Sepeda Sudirman-Thamrin Cuma 1,5 Jam
ILUSTRASI/ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta bakal menggelar uji coba jalur Road Bike di ruas jalan Sudirman-Thamrin akan berlangsung selama sepekan yang dimulai pada Senin, 7 Juni. Dalam skema uji coba, para pesepeda diperbolehkan melintas hanya jam tertentu.

"Pelaksanaan uji coba di pukul 05.00 sampai 06.30 WIB. Pelaksanaan uji coba tersebut dilakukan tanpa penerapan penutupan atau pengalihan arus lalu lintas jalan," ucap Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo, pada Minggu, 6 Juni.

Dengan tak adanya skema pengalihan dan penutupan arus lalu lintas, pada pesepada diwajibkan melanju di jalur kiri. Sehingga, tidak ada pesepeda yang masuk ke jalur kendaraan bermotor.

"Pada pelaksanaannya nanti, seluruh peserta uji coba kegiatan road bike diimbau berada pada lajur jalan sebelah kiri dengan tetap memperhatikan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas. Dan bagi kendaraan bermotor untuk tidak menggunakan lajur yang digunakan sebagai lintasan road bike," kat Syafrin.

Lebih lanjut, Syafrin menyebutkan, seluruh peserta uji coba kegiatan road bike yang masih berada di ruas jalan Sudirman-Thamrin setelah pukul 06.30 WIB, agar menggunakan jalur sepeda terproteksi yang telah tersedia.

"Kami mengimbau kepada para pengguna jalan dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan. Tetap patuhi rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan, dan utamakan keselamatan selama di jalan," tandas dia.