Resmi Gubernur-Wagub Kalteng, Arahan Pertama Jokowi ke Sugianto-Edy Tangani COVID-19
Pelantikan Sugianto Sabran dan Edy Pratowo sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng (Foto: Tangkap Layar Youtube Sekretariat Presiden/Diah Ayu)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Sugianto Sabran dan Edy Pratowo sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah. Sugianto dan Edy adalah pasangan yang memenangkan Pilkada 2020.

Pelantikan ini digelar di Istana Negara pada Selasa, 25 Mei sekitar pukul 10.00 WIB. Acara ini tetap mengikuti protokol kesehatan ketat dan dihadiri undangan terbatas.

Pelantikan ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang kemudian dilanjutkan pembacaan Keputusan Presiden tentang pengangkatan Sugianto menjadi Gubernur Kalteng dan Edy menjadi Wakil Gubernur Kalteng.

Selanjutnya, Sugianto dan Edy membacakan sumpahnya sebagai kepala daerah periode 2021-2024 di hadapan Presiden Jokowi dengan didampingi rohaniawan.

"Demi allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur, sebagai wakil gubernur, dengan sebaiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Tahun 1945 dan menjelankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa," tutur mereka seperti yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, 25 Mei.

Dalam sambutannya, Sugianto mengaku mendapat arahan dari Jokowi untuk mengendalikan COVID-19 di Kalimantan Tengah. Lalu, mengembalikan kondisi perekonomian tumbuh seperti sebelumnya.

"Beliau menyampaikan bagaimana tetap mengendalikan COVID-19 di Kalimantan Tengah. Kami pun dalam 100 hari kerja, kami tetap bekerja seperti biasa, yaitu di samping pengendalian COVID, perekonomian baik itu UKM, juga pembangunan dalam bidang infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan pengembangan ekonomi masyarakat secara luas di Kalimantan Tengah," ujarnya.

Sugianto Sabran dan Edy Pratowo merupakan pasangan yang diusung oleh PDIP, Partai Golkar, Partai Nasdem, PKB, PKS, Perindo, PPP dan PAN dalam Pilkada Serentak 2020. Sugianto sendiri merupakan gubernur petahana yang sudah menjabat sejak 25 Mei 2016 lalu.