Bantu Kelancaran dan Kenyamanan, Kalteng Siapkan Puluhan Posko Dukung Kelancaran Arus Mudik Lebaran
Kadishub Kalteng Yulindra Dedy (tengah) meninjau Posko Terpadu Angkutan Lebaran Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya/Foto: Antara

Bagikan:

PALANGKA RAYA - Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Tengah Yulindra Dedy mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan puluhan pos komando (posko) yang tersebar di kabupaten dan kota untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2022.

"Posko-posko ini merupakan sinergi dari berbagai instansi, mulai dari posko terpadu hingga pengamanan," katanya di Palangka Raya, Senin 25 April.

Dia menjelaskan posko ini tersebar di berbagai lokasi strategis, di antaranya bandar udara, terminal, pelabuhan, perbatasan, serta lainnya."Termasuk di perbatasan Kalteng dengan Kalimantan Selatan maupun Kalimantan Barat," tuturnya.

Dengan didirikannya puluhan posko yang melibatkan berbagai perwakilan instansi terkait, diharapkan bisa membantu kelancaran arus mudik Lebaran di berbagai wilayah Kalteng tahun ini.

Posko berfungsi untuk mengawasi, mengamankan serta memberi bantuan kepada masyarakat untuk mendukung kelancaran perjalanan."Apalagi arus mudik Lebaran untuk wilayah Kalteng diprediksi terjadi peningkatan antara 10 hingga 20 persen," tuturnya.

Selain itu, sesuai arahan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, katanya, juga tersedia gerai vaksinasi yang dapat dimanfaatkan para pemudik yang belum vaksin dosis lengkap.

Pagi ini, Yulindra membuka sekaligus meninjau keberadaan Posko Terpadu Angkutan Lebaran yang berada di Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya.

Ia mengatakan posko terpadu merupakan tindak lanjut dari arahan pemerintah maupun rapat koordinasi lintas sektor. Hari ini semua posko, baik moda transportasi udara, darat maupun laut sudah mulai ada peningkatan pengawasan masa mudik Lebaran.

"Selain posko terpadu, di bandara juga disediakan layanan vaksinasi yang dilakukan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan Palangka Raya," ucapnya dikutip Antara.

Ia meminta kepada seluruh petugas yang berada di lapangan untuk menjalankan tugas dan fungsinya secara optimal, termasuk mendukung kelancaran arus mudik.

Yulindra juga mengingatkan semua pihak, baik petugas maupun masyarakat yang mudik Lebaran agar tetap mematuhi protokol kesehatan karena masih di tengah pandemi COVID-19.

"Bersama-sama kita disiplin terapkan prokes untuk mencegah penyebaran COVID-19, sekaligus mewujudkan mudik aman dan sehat," ucapnya.