Jelang Mudik Lebaran 2022, Puluhan Bus di Terminal Poris Di-<i>Ramp Check</i>
Suasana Bus yang terpakir di Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang (Muhammad Jehan/VOI)

Bagikan:

Tangerang - Puluhan bus di Terminal Poris Plawad Kota Tangerang di-ramp check (inspeksi keselamatan) secara rutin. Hal ini dilakukan untuk menguji kelayakan kendaraan menjelang lebaran 2022.

"Setiap hari ada gabungan memang. Dari Dishub (Dinas Perhubungan) Kota Tangerang, dari pemerintah pusat, sama dari terminal, gabungan, dilakukan secara rutin,” kata Kepala Terminal Poris Plawad Alwien Athena saat dikonfirmasi, Jumat, 15 April.

"Kan ini memang mau ada angkutan lebaran, jadi harus di-ramp check dulu," tambahnya.

Saat ditanya berapa banyak bus yang telah di-ramp check, Alwien mengklaim pihaknya telah mengecek puluhan kendaraan sejak 5 April.

"Puluhan bus yang di-ramp check sampai H-7 Lebaran. (Soalnya) kan ditarget supaya banyak," katanya.

Dalam kesempatannya, Alwien menjelaskan bila pihaknya akan menggandeng Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang. Tujuannya untuk memastikan kondisi kesehatan dari para sopir di terminalnya.

"Akan kita libatkan juga Dinkes setempat untuk membantu, untuk memeriksa kesehatan sopir," papar Alwien.

Dia menambahkan, pengecekan kondisi kesehatan akan dilakukan tujuh hari sebelum lebaran Idulfitri 2022. Nantinya, pihaknya bakal mendirikan posko kesehatan di terminal.

"Cek kesehatan sopir, skrining yang standar seperti tensi. Kalau istilahnya lelah, disuruh istirahat, pakai sopir yang satunya," tandasnya.