Bagikan:

TANGERANG – Untuk memastikan keamanan dan kelancaran berkendara jelang mudik Lebaran 2024, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang mulai melakukan ramp check angkutan di Terminal Poris Plawad.

“Ramp check sudah mulai dilaksanakan sejak 18 Maret dan akan berlangsung setiap hari sampai lewat tanggal puncak keberangkatan para pemudik,” kata Kepala Dishub Kota Tangerang Achmad Suhaely dalam keterangannya, Kamis, 20 Maret.

Suhaely menjelaskan, ramp check ini diperuntukkan untuk bus dalam kota maupun bus Antarkota Antarprovinsi (AKAP) yang berada di Terminal Poris Plawad, Cipondoh, Kota Tangerang.

“Segala indikator kelayakan akan dipastikan para petugas bus,” katanya.

Ia juga menjelaskan bila ramp check ini meliputi tiga unsur, yaitu unsur administrasi mulai dari kepemilikan kartu izin muatan, kartu izin STUK, dan SIM pengemudi.

Perihal unsur teknis utama meliputi sistem penerangan, sistem pengereman, badan kendaraan, ban, perlengkapan dan dimensi muatan.

“(Selain itu) pengukuran kecepatan, sistem penerangan dan badan kendaraan serta kelengkapan kendaraan. Tak terkecuali terkait dengan wiper, lampu dan lainnya,” ucapnya.

Apabila nantinya ada bus yang tidak lulus ramp check, kata Suhaely, nantinya akan diberikan catatan untuk segera dilakukan perbaikan dan tidak diperbolehkan berangkat membawa penumpang.

"Yang tidak lulus, tentu tidak diberikan izin berangkat. Namun, untuk yang lulus ramp check, bus akan ditempelkan stiker layak jalan,” tutupnya.