Bandara Juanda Beroperasi 24 Jam Selama Lebaran
Pesawat parkir di Bandara Internasional Juanda Surabaya (ANTARA/HO-AP I Juanda)

Bagikan:

JAKARTA - Manajemen Bandara Internasional Juanda Surabaya menyesuaikan jam operasional dengan beroperasi selama 24 jam pada periode libur Lebaran tahun 2023. 

"Kondisi eksisting saat ini operasional pelayanan adalah 16 jam dimulai pukul 05.00 WIB hingga 21.00 WIB. Kami berencana menambah jam operasional pelayanan menjadi 24 jam untuk periode tanggal 18 hingga 30 April 2023," kata General Manager Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya Sisyani Jaffar dilansir ANTARA, Jumat, 14 April.

Sisyani mengimbau kepada seluruh calon penumpang yang akan berangkat dari Bandar Udara Internasional Juanda untuk datang 2-3 jam sebelum keberangkatan.

"Guna kenyamanan, kami imbau kepada para pengguna jasa yang akan berangkat melalui Bandara Juanda pada H minus 5 hingga H minus 1 libur Lebaran untuk memastikan jam keberangkatan kepada maskapai dan sebaiknya tiba di bandara 2-3 jam sebelum waktu keberangkatan agar tidak tergesa-gesa," ujarnya.

Dia mengatakan, dengan adanya prediksi kenaikan jumlah penumpang maupun pesawat, manajemen Bandar Udara Internasional Juanda juga melakukan kesiapan-kesiapan untuk kelancaran operasional selama arus mudik maupun arus balik libur Lebaran.

Sisyani menjelaskan pihaknya akan membuka Posko Angkutan Udara Lebaran di lobby Terminal 1 (T1) dan Terminal 2 (T2) selama 19 hari atau sejak tanggal 14 April hingga 2 Mei 2023.

"Posko tersebut kami fungsikan guna membantu petugas bandara dalam memantau arus mudik dan balik pada momentum libur Lebaran," ucapnya.

Pada pelaksanaan posko, pihaknya berkoordinasi dengan Satgaspam Lanudal Juanda untuk pelaksanaannya.

"Sedangkan untuk pemangku kepentingan lainnya yaitu Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah III, Perum LPPNPI, airlines, ground handling, Basarnas, BMKG dan CIQ tetap dilakukan koordinasi secara intensif untuk kelancaran operasional bandara yang mengutamakan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan sesuai dengan program 3S plus 1C yaitu Safety Security, Services dan Compliance," katanya.