Lebaran 2023, Tiga Bandara Angkasa Pura I Bakal Beroperasi 24 Jam
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - PT Angkasa Pura I (Persero) AP I menetapkan tiga bandara kelolaannya akan beroperasi 24 jam penuh selama musim mudik Lebaran 2023.

Sementara 12 bandara lainnya di bawah pengelolaan AP I dioperasikan secara fleksibel.

Adapun ketiga bandara tersebut yakni Bandara Internasional Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, dan Bandara Sam Ratulangi Manado.

Direktur Utama AP I, Faik Fahmi, menjelaskan bahwa fleksibilitas operasional 12 bandara lantaran jumlah penerbangan pesawat saat mudik Lebaran diperkirakan terbatas.

“Kami mengoperasikan 15 bandara, dari 15 bandara, Denpasar, Makassar, Manado (beroperasi) 24 jam. Namun, di luar bandara itu seluruh bandara kita, kita stand by-kan 24 jam. Jadi ini fleksibel berdasarkan permintaan operator penerbangan,” kata Faik saat rapat dengan Komisi VI DPR RI, Senin, 10 April.

Namun, sambung dia, ada kemungkinan 12 bandara tersebut juga bisa beroperasi selama 24 jam, tergantung permintaan dari maskapai penerbangan.

“Jadi mengakomodir kemungkinan terbatasnya jumlah pesawat sehingga kami cukup fleksibel, apabila dari teman-teman Airline ini menambah pernerbangan, maka kami fleksibel untuk melayani 24 jam,” jelasnya.

Faik mengatakan pihaknya memperkirakan jumlah operasional pesawat saat mudik Lebaran akan 2023 terbatas. Khususnya, penerbangan melalui 15 bandara yang dikelola perseroan.

Karena itu, kata Faik, jumlah operasional pesawat menjadi isu hangat. Pasalnya, ketersediaan armada berbanding terbalik dengan jumlah penumpang.

Seperti diketahui, pemudik dengan pesawat terbang diperkirakan melonjak signifikan di tahun ini.

Operasikan 412 Pesawat

Faik menuturkan, armada yang akan dioperasikan saat mudik Lebaran 2023 tercatat mencapai 412 pesawat.

Angka ini lebih tinggi dari jumlah penerbangan saat mudik lebaran di tahun sebelumnya yakni 335 pesawat.

“Isu yang muncul mungkin terkait dengan jumlah pesawat yang terbatas untuk melayani logistik dan jumlah pemudik tahun ini,” katanya.