Putri Megawati, Puan Maharani Diprediksi Bisa 'Singkirkan' Ganjar atau Risma dari Pilpres 2024
Ketua DPR RI Puan Maharani. (Foto: ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA -Pengamat komunikasi politik dari Universitas Esa Unggul Jakarta, M. Jamiluddin Ritonga memprediksi Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri bakal memilih Ketua DPR yang juga putrinya, Puan Maharani untuk maju Pilpres 2024.

Ketimbang memandatkan Gubenur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo atau Menteri Sosial, Tri Rismaharini. "Megawati Soekarnoputri tampaknya akan lebih memilih putrinya daripada Ganjar atau Risma," ujar Jamiluddin, Sabtu, 22 Mei.

Dia pun meyakini, para elit partai banteng juga akan setuju dengan pilihan Megawati yang memilih ketua DPP PDIP itu. "Petinggi DPP PDIP juga akan manut pilihan Megawati," sebutnya.

Menurut Jamiluddin, upaya menduetkan Ganjar-Risma untuk Pilpres 2024 akan sangat sulit terwujud jika hanya mengandalkan popularitas semata. Sebab meskipun keduanya gemar pencitraan, kata dia, mereka berdua berasal dari partai yang sama.

"Masalahnya, Ganjar dan Risma berasal dari partai yang sama. Hal itu tentu tidak menguntungkan dalam upaya memperoleh dukungan massa dari luar PDIP," tuturnya.

Selain itu, PDIP juga akan sulit memberi tiket kepada Ganjar-Risma pada pilpres 2024.  "Sebab, kader PDIP lainnya seperti Puan Maharani, juga berkeinginan memperoleh tiket tersebut," tandas Jamiluddin.