5 Hari Arus Balik Lebaran, 276 Pemudik Positif COVID-19
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus (Foto: Humas Polri)

Bagikan:

JAKARTA - Polda Metro Jaya menyebut 276 pemudik yang tiba di Jakarta dinyatakan positif COVID-19. Mereka terkonfirmasi positif berdasarkan tes swab antigen di 14 titik pos penyekatan dan mendatangi rumah para pemudik.

"Terakahir, semalam jumlah kendaraan diperiksa 1.994 kendaraan di 14 titik. Jumlah yang reaktif atau positif ada 276 orang," ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan, Jumat, 21 Mei.

Sebagian besar dari ratusan orang yang terkonfirmasi positif, lanjut Yusri, diminta untuk menjalani isolasi mandiri. Sisanya diarahkan untuk isolasi di Wisma Atlet dan rumah sakit terdekat dari masing-masing kediaman para pemudik yang positif.

"Dengan rincian isolasi mandiri 210 orang, (isolasi di) Wisma Atlet 65 orang dan tempat rujukan lainya ada 91 orang," kata dia.

Yusri melanjutkan, dengan jumlah kasus positif yang semakin banyak ditemukan, maka, skema tracing pemudik terus dilakukan. Terlebih, puncak arus balik diprediksi terjadi pada pekan ini.

"Ini akan berjalan terus karena kita prediksi Kumat ini dan Sabtu, Minggu adalah puncak arus balik karena tanggal 24 akan masuk kantor. Sehingga ada prediksi sampai hari Minggu cukup padat kembali ke Jakarta," tandas dia.