Cek Fakta! Anggota Polisi Jual Senjata Serbu AK-47 Lengkap dengan Amunisi ke Teroris KKB Papua
Ilustrasi (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Berita dengan kategori hoaks tak berhenti dibagikan oleh pengguna media sosial. Salah satunya soal pemberitaan anggota polisi yang menjual senjata ke Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua.

Informasi ini dibagikan oleh akun Facebook @Devan Baskara. Pengguna bahkan memplintir judul pemberitaan dari salah satu media nasional di Indonesia. 

"SEORANG ANGGOTA POLISI JUAL SENJATA SERBU AK-47 DAN PISTOL FN MADE IN CINA BESERTA AMUNISI KE TERORIS KKB PAPUA” dan “Seorang Anggota Polisi dari satuan Densus 88," begitu narasi pengguna yang disandingkan dengan logo CNN. 

Dilansir dari website turnbackhoaks.id, Jumat, 7 Mei, pemberitaan ini masuk konten palsu. "Faktanya, gambar tersebut adalah gambar editan. CNN Indonesia tidak pernah membuat artikel seperti tangkapan layar tersebut," tulis turnbackhoaks.id.

Masih dari narasi pengguna, oknum Polisi tersebut sudah 7 kali menjual senjata jenis AK-47 sebanyak 20 senjata serbu beserta 5.000 butir peluru. Dan juga pistol jenis FN buatan China beserta amunisinya kepada Gerombolan KKB Papua. 

"Berdasarkan hasil pencarian di situs CNN Indonesia dengan menggunakan kata kunci 'polisi jual senjata kkb papua', tidak ditemukan satupun artikel yang sesuai dengan klaim tersebut pada tanggal 12 April 2021," jelas turnbackhoaks.id.

"Selain itu, klaim ini juga merupakan gaya pelintiran daur ulang. Di situs turnbackhoax.id, klaim seperti ini sudah berulang kali diperiksa sebelumnya," demikian.