Pemprov DKI Pertimbangkan Beli Rumah Mantan Menlu yang Dijual Online
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Foto: Diah Ayu Wardani/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut akan mengecek rumah mantan Menteri Luar Negeri Achmad Soebardjo Djojoadisoerjo apakah masuk dalam cagar budaya atau tidak.

Rumah model lama yang yang berlokasi di Jalan Cikini Raya Nomor 82, Menteng, Jakarta Pusat itu saat ini tengah dijual oleh ahli waris lewat iklan di media sosial. Jika masuk dalam cagar budaya, dimungkinkan untuk dibeli pemerintah.

"Nanti di internal akan kami cek, apakah itu masuk cagar budaya atau tidak, heritage atau tidak. Kalau iya, nanti kita akan carikan solusinya. Apakah harus pemerintah pusat yang beli, apakah pemprov DKI yang beli, dan untuk apa," kata Riza di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa, 13 April.

Tapi, Riza juga berharap ada pihak swasta yang membeli rumah tersebut tanpa merombak total kondisi yang ada. Menurut Riza, rumah itu lebih baik difungsikan sebagai tempat wisata.

"Mudah-mudahan ada teman-teman dari swasta yang mau membeli, menjadikan itu sebagai museum, sebagai tempat budaya, tempat pariwisata, dan ssbagainya. Perlu kerja sama yang baik semuanya," ujad dia.

Mulanya, sebuah akun Instagram jual-beli rumah, kristohouse mengiklankan penjualan foto rumah Achmad Soebardjo Djojoadisoerjo, yang saat ini dimiliki ahli warisnya.

"Dijual rumah lama di lokasi strategis, zona komersil, bisa untuk gedung 8 lantai," tulis akun kristohouse.

Penjualan rumah ini seharga Rp200 miliar. Rumah itu sempat menjadi kantor pertama Kemenlu RI pada era awal kemerdekaan. Setelah kantor Kemenlu terbangun, rumah itu kembali menjadi kediaman pribadi keluarga Soebardjo.

Banyak warganet yang menyayangkan jika rumah tersebut dirombak untuk dibangun gedung bertingkat.

"Semoga bisa dilestarikan saja dan dipertahankan nilai estetikanya ya, bangunan mantan kantor Kemenlu RI ini," tulis akun mandasafiera.

"Jangan dihancurkan. Ini bagus bgt, harusnya dipugar utk museum," ucap akun swinasis.