Terobosan Wali Kota Pariaman Genius Umar Meningkatkan Sektor Pariwisata di Masa Pandemi COVID-19
Wali Kota Pariaman Genius Umar (Foto: Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Wali Kota Pariaman Genius Umar memaparkan ada sejumlah terobosan yang dibuatnya untuk melakukan pemulihan ekonomi di wilayahnya. Salah satunya, menawarkan program wisata yang tak menimbulkan kerumunan di tengah pandemi COVID-19.

Dirinya mengatakan, saat ini pihaknya terus berupaya mempromosikan kegiatan wisata ini ke berbagai wilayah di sekitar Kota Pariaman seperti Kota Pekanbaru. Hal ini, sambungnya, juga memberikan hasil apalagi Kota Pekanbaru hanya berjarak enam jam dari Kota Pariaman.

Adapun kegiatan pariwisata yang saat ini ditawarkan oleh Kota Pariaman adalah sport tourism. Sebab, selain tak menimbulkan kerumunan, kegiatan wisata yang mengandalkan olahraga juga dapat meningkatkan imunitas tubuh di tengah pandemi.

"Wisata yang kita tawarkan tidak berkerumun, yaitu sport tourism. Jadi mereka bisa jogging di Pariaman atau bersepeda keliling kota karena kita memiliki jogging track," kata Genius saat ditemui VOI di kawasan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis, 8 April.

Adanya sport tourism ini, kata dia, telah berhasil mendatangkan wisatawan lokal. Hal ini terbukti dengan penuhnya hotel di Kota Pariaman ketika akhir pekan tiba.

Selain itu, ada aktivitas wisata lainnya yang mereka tawarkan seperti festival seni tepi pantai. "Walaupun pengunjung terbatas tapi kita kumpulkan melalui media elektronik dan ini menyebabkan daya tarik wisata pulau, bawah laut," ujarnya.

"Kemudian pantainya kita buat dengan konsep Waterfront City, sungainya juga kita buat cantik dengan konsep Waterfront City, kemudian daerah perbuktan juga ada," imbuh Genius.

Lebih lanjut, demi menggerakkan perekonomian, pihaknya juga terus mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Pariaman. Hal ini juga dinilainya berhasil karena banyaknya restoran yang dikelola anak muda milenial kreatif.

"Banyak tumbuh restoran yang dikelola anak-anak muda milenial. Banyak restoran modern yang kreatif memiliki ciri khas masing-masing seperti kopi, teh, dan macam-macam rekomendasi makanan dengan desain yang menarik," jelasnya.

"Kemudian keberadaan Pasar Pariaman itu UMKM juga makin tumbuh sehingga akan mendukung pertumbuhan PLDB di masyarakat," tambah Genius.

Dengan berbagai terobosan ini, dia berharap perekonomian Kota Pariaman bisa semakin meningkat. Khususnya, pemulihan ekonomi yang dilakukan melalui sektor pariwisata.

"Sektor pariwisata kita segera recovery. Doakan ini tengah berlangsung," pungkasnya.