Baru Diresmikan Wapres Ma'ruf Amin, Walkot Pariaman Genius Umar Yakin Pasar Pariaman Jadi Destinasi Wisata
Wali Kota (Walkot) Pariaman Genius Umar (Foto: Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Wali Kota (Walkot) Pariaman Genius Umar mengatakan, Pasar Pariaman yang baru saja direvitalisasi dan diresmikan oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin bakal jadi destinasi wisata.

Selain karena berkonsep bersih dan modern, dari pasar berlantai empat ini, masyarakat bisa menikmati lanskap Kota Pariaman.

Sebagai informasi, pasar ini direvitalisasi sejak 2019 lalu. Pasar ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1980 silam. Tapi keadaan pasar ini porak poranda setelah bencana gempa bumi 2009 dan gempa bumi 2016 yang melanda Sumatera Barat.

"Jadi ke pasar pun orang berwisata karena dengan pasar yang berlantai empat ini kita bisa melihat semua lanskap Kota Pariaman dan kita bisa melihat tiga gunung, dan bukit barisan. Dan (kalau, red) kita ke sisi barat kita bisa lihat laut, jadi begitu indah pemandangannya," kata Genius saat ditemui VOI di kawasan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis, 8 April.

Dia memaparkan, baru beberapa hari dibuka, pasar ini sudah berhasil mendatangkan banyak pengunjung dari berbagai wilayah di sekitar Kota Pariaman. Sehingga, hal ini mendatangkan keuntungan bagi para pedagang di sana yang mengaku mendapat penambahan omset dibandingkan di lokasi pasar penampungan.

"Yang datang itu tidak hanya orang Pariaman, tapi juga dari Kabupaten Padang pariaman, orang dari Padang, Pasaman dan kabupaten sekitar juga datang," ujarnya.

Lebih lanjut, sebagai langkah mendorong pasar ini makin banyak dikunjungi masyarakat termasuk anak muda, pihaknya memasang wi-fi atau jaringan internet yang kuat. Tak hanya itu, pasar ini juga dilengkapi dengan lift maupun eskalator sehingga pengunjung tak perlu kesulitan untuk menjelajahinya.

Genius juga meyakini ke depan bakal makin banyak pengunjung yang datang ke Pasar Pariaman. Apalagi, cukup banyak spot foto yang ada di sana mengingat tempat ini dikelilingi dengan berbagai lanskap menarik.

"Pemandangan di sekitar pasar juga bagus. Jadi kita bisa lihat gunung, laut, dan pulau. Jadi banyak anak muda (bisa, red) melakukan selfie. Apalagi, mereka bisa ke lantai lima. Jadi, rooftop itu juga diminati anak muda untuk melakukan selfie karena banyak spot foto instagramable di sana," ungkapnya.

"Jadi selain berfungsi sebagai pasar, ini juga bagian dari destinasi wisata. Itulah konsep pasar ini dibuat dengan cantik sehingga mendukung Pariaman jadi kota pariwisata," pungkas Genius.