Pemkot Pariaman Targetkan 2 juta Kunjungan Wisatawan pada 2022
Ilustrasi/Foto: Antara

Bagikan:

PARIAMAN - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat, menargetkan 2 juta kunjungan wisatawan pada 2022 dengan melaksanakan 77 kegiatan wisata sepanjang tahun ini.

"Calender of Event (kalender kegiatan) Pariwisata Kota Pariaman 2022 terdiri dari 77 kegiatan telah diluncurkan di Kabupaten Kampar, Riau, pada Jumat (18/2) malam," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar di Pariaman, Senin 21 Februari.

Ia mengatakan dari 77 kegiatan wisata yang akan dilaksanakan terdapat tiga kegiatan unggulan yang dapat mendatangkan banyak wisatawan yakni Festival Hoyak Tabuik, Silek on The Sea dan Festival Indang.

Ia merincikan Festival Hoyak Tabuik dijadwalkan dilaksanakan pada 14 Agustus 2022, lalu Silek on The Sea dijadwalkan dilaksanakan pada 8 dan 9 Oktober sedangkan Festival Indang dilaksanakan pada 22 dan 23 Oktober.

"Khusus untuk Festival Hoyak Tabuik masuk tahap verifikasi 200 besar event nasional atau Kharisma Event Nusantara 2022, dan ini menjadi sebuah kebanggaan bagi Kota Pariaman," katanya.

Meskipun tiga kegiatan tersebut diunggulkan Pemkot Pariaman namun puluhan kegiatannya lainnya juga menarik dikunjungi dan bahkan dapat mendatangkan banyak wisatawan.

Kegiatan tersebut yaitu di antaranya kejuaraan sepatu roda, surfing corner festival, pekan kreativitas anak Pariaman, pekan kuliner pintar, festival band pelajar, dan Minangkabau cup.

"Kalau dulu ada pameo Piaman tadanga langang, batabuik mangko ka rami, alhamdulillah sekarang Pariaman mulai ramai (meski tidak tabuik). Akhir pekan di sepanjang Pantai Pariaman dipenuhi bus-bus pariwisata dan mobil pribadi yang berasal dari Riau, Jambi dan daerah," ujar dia.

Genius berharap dengan peluncuran kalender wisata di Kampar, Riau maka dapat meningkatkan promosi wisata Kota Pariaman apalagi wisatawan terbanyak yang datang ke daerah itu asal luar Sumbar berasal dari Riau.

Meskipun Pemkot Pariaman menargetkan 2 juta kunjungan wisatawan sepanjang 2022 namun pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat guna meminimalisir penyebaran COVID-19.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat berencana meluncurkan 77 kegiatan wisata atau 'Calender of Event' Kota Pariaman Festival 2022 di Kampar, Riau pada 18 Februari 2022 yang diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan serta investasi di daerah itu.

"Kami optimistis 77 kegiatan wisata ini akan menghiasi Kota Pariaman sepanjang 2022 dan mampu meningkatkan ekonomi warga dari sektor pariwisata," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar di Pariaman.

Ia menyebutkan setidaknya ada tiga kegiatan wisata unggulan pada 2022 yang dapat menarik kunjungan wisatawan dengan jumlah yang besar yaitu Festival Hoyak Tabuik, Silek on The Sea, dan Festival Indang.