Gelaran F1 Powerboat Bisa Dorong Kunjungan Wisatawan Nusantara hingga 1 Juta ke Danau Toba
Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo. (Tangkap layar/Mery Handayani)

Bagikan:

JAKARTA - Gelaran F1 Powerboat diharapkan mampu mendorong kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) ke Danau Toba, Sumatera Utara. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memproyeksikan akan ada kenaikan hingga 1 juta dari tahun sebelumnya.

Sekadar informasi, ajang balap perahu motor internasional ini merupakan kali kedua yang diselenggarakan di Danau Toba. Sebelumnya, event atau acara bertaraf internasional ini sudah diselenggarakan di 2023 lalu.

Adapun ajang balap internasional kali ini akan digelar pada 2 hingga 3 Maret 2024 mendatang di Balige, Sumatera Utara.

“Tahun ini akan mengalami pertumbuhan wisatawan nusantara meningkat. Mungkin ada ada tambahan 1 jut perjalanan lagi, karena kan tahun lalu itu kurang lebih 24 juta. Kami ingin naik ke 25 juta,” ujar Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo dalam acara konferensi pers kesiapan F1 Powerboat Lake Toba 2024 secara virtual, Selasa, 27 Februari.

Sementara, sambung Angela, kunjungan wisatawan mancanegara diproyeksikan naik dari penyelenggaraan tahun sebelumnnya. Meskipun tidak signifikan.

“Dan untuk wisatawan mancanegara sendiri kami targetkan 200.000, dari yang tahun lalu itu sekitar 197.000. Kami harapkan ini bisa membantu kami juga dalam meraih target tahun ini yang cukup meningkat untuk secara nasional,” ucapnya.

Mengacu pada data Badan Pusat Statistik (BPS), sambung Angela, pada penyelenggaraan F1 Powerboat 2023 kunjungan wisatawan mancanegara di Sumatera Utara mencapai 197.015 kunjungan.

“Ini naik lebih dari 220 persen dari tahun sebelumnya. Ini artinya pemulihan pasca pandemi luar biasa sekali. Salah satu pendorongnya adalah event-event,” katanya.

Karena itu, sambung Angela, ke depannya kegiatan atau events termasuk olahraga (sport tourism) bakal menjadi strategi dalam mendongkrak pariwisata Indonesia. Termasuk, mengembangkan destinasi pariwisata super prioritas maupin destinasi lain.

“Tentunya Kemenparekraf, kami berkomitmen untuk terus mendukung sport event seperti F1 Powerboat ini di lima destinasi pariwisata (super prioritas), maupun di destinasi lainnya sebagai salah satu strategi khusus kami,” katanya.