Aktifkan Lahan Tidur Pertanian, Wali Kota Genius Umar Sampaikan Program Unggulan ke Mentan
Wali Kota Pariaman, Genius Umar (Foto: dokumentasi Pemko Pariaman)

Bagikan:

JAKARTA - Wali Kota Pariaman, Genius Umar akan memproduktifkan lahan pertanian yang belum tergarap secara maksimal, dengan membuat program strategis petani milenial dan mubalig bertani.

Genius menggandeng Anggota DPR RI Andre Rosiade untuk ‘merayu’ pemerintah pusat dalam mewujudkan program tersebut.

Genius Umar bertemu Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dan Genius pun meyakini Syahrul bahwa Kota Pariaman butuh perhatian dari Menteri Pertanian RI.

Kepada Syahrul Yasin Limpo, Genius sampaikan isu strategis di antaranya yakni petani milenial melalui zero lahan tidur, mubalig bertani, pembukaan lahan sawah serta irigasi dan sarana prasarana, pembangunan embung, pembangunan rumah potong hewan (RPH).

“Kami sedang menggalakkan produktifkan lahan tidur lewat program Zero Lahan Tidur di Pariaman pak menteri, hebatnya yang mengerjakan adalah anak millenial dan mubalig," tutur Genius Umar kepada Syahrul Yasin Limpo di ruang kerjanya, Selasa, 25 Mei.

Lahan tidur di Kota Pariaman, sambung Genius ditanami jangung dan bawang tanaman palawija lainnya yang memiliki waktu panen relatif cepat sehingga mampu meningkatkan nilai ekonomi keluarga ditengah masa pandemi.

“Kota Pariaman melakukan percepatan sektor pertanian, karena hadapi pandemi covid-19 harus kuat ketahanan pangan masyarakat, semoga nantinya masyarakat Kota Pariaman semakin sejahtera dengan digalakkannya program ini,” harap Genius meyakinkan Syahrul. 

Dalam kesempatan yang sama, anggota DPR RI Andre Rosiade mengaku salut dengan Genius Umar yang selalu penuh ide dan sampaikan usulan langsung melalui proposal saat bertemu Menteri Syahrul Yasin Limpo.

“Saya kenal betul semangatnya Pak Genius, dan sangat siap untuk bertemu dengan pak menteri. Ada beberapa proposal terkait pembanguan pertanian, disampaikan Pak Genius ke pak Syahrul Yasin pada pertemuan tadi, ” ujar Andre Rosiade.

Tak lain tak bukan, sambung Andre ini menjadi tujuan kita konkretkan kolaborasi untuk Sumbar bangkit dan maju.

Dari pertemuan tadi banyak pihak pun puji Genius Umar, diantaranya dirjen dan para direktur di kementrian pertanian. Semoga hal ini secara cepat ditindak lanjuti pak menteri, dan makin tercapainya peningkatan kesehateraan masyarakat Pariaman dan Sumatera Barat umumnya.