Pemkot Pariaman dan Warga Sinergi Buka 40 Km Jalan Baru Tanpa APBD
Wali Kota Pariaman, Sumbar, Genius Umar (dua kanan) melihat kondisi pengerjaan jalan untuk mendukung konsep kota tepi air di Pariaman Selatan.(ANTARA)

Bagikan:

SUMBAR - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) berkolaborasi dengan warga setempat membuka jalan baru sepanjang 40 kilometer dalam jangka waktu enam bulan terakhir ini. Kerja keras warga dan Pemkot ini tanpa menggunakan dana APBD.

“Dalam enam bulan ini, Pemkot Pariaman telah banyak membuka jalan baru. Setidaknya ada 15 ruas jalan dibangun dengan pola gotong royong," kata Wali Kota Pariaman, Genius Umar saat rapat dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar melalui video dari Pariaman, Antara, Rabu, 23 Februari.

Dia mengatakan lahan untuk pembangunan jalan tersebut dihibahkan warga setempat agar mobilitas ke di daerah itu semakin lancar serta membuka peluang peningkatan ekonomi masyarakat baik di bidang pertanian, perdagangan, maupun pariwisata.

Dana pelaksanaan pembukaan jalan tersebut didapatkan secara swadaya baik dari pejabat, aparatur pemerintahan, maupun dari badan usaha, serta pihak lainnya di Kota Pariaman.

Namun saat ini kondisi jalan tersebut masih belum dilakukan pengerasan dan pengaspalan karena keterbatasan anggaran sehingga Pemkot Pariaman meminta Pemprov Sumbar dan pemerintah pusat untuk membantu.

"Kalau bisa tahun ini Pemprov Sumbar melakukan pengerasan jalan baru tersebut, setelah itu jalan ini akan didaftarkan menjadi jalan kota untuk mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk di tahun depan," katanya.

Menurutnya, dengan dibukanya dan dilakukan pengaspalan maka harga hasil pertanian warga bisa menjadi lebih mahal serta program pemerintah akan lebih mudah berjalan karena lokasinya mudah diakses.

“Selain itu dapat memperkuat Pariaman sebagai kota wisata dan mempercepat pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi Kota Pariaman juga akan menentukan pertumbuhan Provinsi Sumbar," ujarnya.

Adapun 15 ruas jalan yang telah dibuka oleh Pemkot Pariaman bersama warga setempat yaitu Kawasan water fron city Sunur-Kuraitaji, Talang Kuning-Talang Saga Cubadak Air, Talang Kuning Desa Sikapak, dan Mangguang-Padang Biriak-Biriak.

Selanjutnya ruas jalan lingkar Sungai Rambai, jalan Sungai Rambai-Cubadak Air Utara, jalan Kelurahan Kereta Api, jalan Kelurahan Taratak, jalan Tungkal Utara, dan jalan Tanjung Sabar-Kampung Gadang.

Ruas Lapai Ikua Kampuang, ruas Ampalu-Simpang Apar, jalan PKTD SMP 6 Desa Kampung Gadang, jalan Simpang Lawega Desa Kampung Gadang dan Jalan MAN Kampung Gadang.