Bagikan:

JAKARTA - Festival film Toronto diwarnai aksi protes dari kelompok pro Palestina. Mereka mengganggu pemutaran perdana film genre drama keluarga yang dibintangi Ben Stiller 'Nutcrackers' pada Kamis malam waktu setempat.

Mengutip AFP, Jumat 6 September, aksi protes yang melibatkan empat orang itu menentang Royal Bank of Canada, sonsor utama festival film terbesar di Amerika Utara tersebut yang terus berinvestasi pada perusahaan-perusahaan terafiliasi agresi Israel di Gaza.

Teriakan agar menghentikan dukungan finansial pada perusahaan terafiliasi perang Israel tak berlangsung lama. Petugas keamanan akhirnya menggiring kelompok tersebut keluar dari acara pemutaran film.

Protes singkat tersebut memberikan kejutan politik pada awal Festival Film Internasional Toronto (TIFF), sebuah pesta pora selama 10 hari menghadirkan film-film Oscar dan sorotan bagi para bintang papan atas.

Sejumlah penyanyi dan bintang film seperti Jennifer Lopez, Angelina Jolie, Elton John, Bruce Springsteen, Salma Hayek, Cate Blanchett, dan Nicole Kidman dijadwalkan hadir dalam festival ini.