Jubir Demokrat Kubu Moeldoko Sebut Jokowi Lanjutkan Proyek Hambalang
Presiden Joko Widodo meninjau Proyek Hambalang yang Mangkrak (Foto: DOK ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Juru Bicara Partai Demokrat kubu Moeldoko, Muhammad Rahmad mengatakan, Presiden Joko Widodo akan melanjutkan pembangunan Hambalang Sport Center di Bogor yang mangkrak pada era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Beberapa hari yang lalu Bapak Presiden Joko Widodo sudah mewacanakan untuk melanjutkan pembangunan Hambalang," ujar Rahmad saat konferensi pers di Hambalang, Bogor. Jawa Barat, Kamis 25 Maret.

Menurutnya, Ketua Umum Partai Demokrat, Moeldoko sudah berkomunikasi soal rencana melanjutkan mega proyek senilai Rp2,5 triliun itu.

"Jadi Partai Demokrat pimpinan bapak Moeldoko mendorong kepada bapak presiden untuk melanjutkan proyek Hambalang. Agar mendukung proyek Hambalang itu dilanjutkan. Agar tidak terjadi candi-candi Hambalang," kata Rahmad.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sedang mempertimbangkan untuk melanjutkan kembali mega proyek Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional di Bukit Hambalang, Kabupaten Jawa Barat yang sudah bertahun-tahun mangkrak atau terbengkalai.

Kabar pemerintah membangkitkan kembali Hambalang memang sudah terendus sejak lama. Jokowi menjanjikan akan melanjutkan Proyek peninggalan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu sejak 2016, namun hingga kini belum juga terealisasi.

Kala itu, Jokowi meminta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mengkaji kemungkinan untuk melanjutkan proyek tersebut.

Beberapa waktu lalu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan Hambalang akan disulap menjadi tempat para atlet senior dan berbakat. Rencana itu telah tercantum dalam agenda besar Desain Olahraga Nasional.

"Kita sedang mempertimbangkan untuk bisa melihat Hambalang menjadi tempat untuk sentra atlet senior dan atlet-atlet kita yang sudah siap untuk bisa bertanding," kata Zainudin dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, 15 Maret.

Dia mengatakan, Hambalang bukan satu-satunya proyek yang akan dikebut pemerintah. Masih ada proyek lainnya yang juga akan dibuat untuk para atlet nasional.

"Kami akan buat 10 sentra pemusatan latihan di beberapa daerah, dan yang paling mendasar adalah talenta ketika di sekolah dasar," ucapnya.