Bagikan:

JAKARTA - Hubungan Rusia-China, yang dibangun berdasarkan prinsip kesetaraan dan saling menghormati, sedang mengalami masa keemasan, kata Presiden Rusia Vladimir Putin dalam pertemuannya dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping.

“Kami telah menyatakan bahwa hubungan kemitraan komprehensif dan kerja sama strategis Rusia-Tiongkok berada pada periode terbaik dalam sejarah mereka. Hubungan tersebut dibangun berdasarkan prinsip kesetaraan, saling menguntungkan, dan menghormati kedaulatan satu sama lain,” kata Putin dalam pertemuan di Astana, Kazakhstan, dilansir TASS, Rabu, 3 Juli.

Putin mengenang bagaimana dia melakukan perjalanan ke Tiongkok dalam kunjungan kenegaraan pada Mei, khususnya ke kota Harbin.

“Saat mengunjungi Harbin, kami semua memahami sekali lagi betapa eratnya hubungan historis antara Rusia dan Republik Rakyat China,” kata Putin.

Putin berterima kasih kepada Xi Jinping atas keramahtamahannya, seraya menyebutkan betapa hangatnya dia disambut di China dan juga mengingat perundingan penting yang diadakan di Beijing pada kunjungan pertengahan Mei lalu.