Bagikan:

JAKARTA - Pertahanan udara Ukraina menembak jatuh 12 dari 16 rudal dan 13 drone yang diluncurkan Rusia dalam serangan terbaru hari ini, kata angkatan udara Ukraina.

Dilansir Reuters, Sabtu, 22 Juni, serangan udara Rusia, yang merupakan serangan besar kedua minggu ini, menargetkan fasilitas infrastruktur penting di berbagai wilayah di negara itu, kata angkatan udara.

Sebelumnya bom berpemandu Rusia menewaskan dua orang dan melukai tiga lainnya di daerah perumahan di kota Selydove, Ukraina timur.

Lima bangunan lima lantai dan enam rumah pribadi dirusak oleh bom UMPB D-30 di Selydove, sekitar 14 km (sembilan mil) dari garis depan, kata jaksa wilayah Donetsk melalui aplikasi pesan Telegram dilansir Reuters, Jumat, 21 Juni.

Rusia, yang memulai invasi besar-besaran pada Februari 2022, telah menjatuhkan lebih dari 10.000 bom berpemandu sejak awal tahun ini, termasuk lebih dari 3.200 bom pada Mei, kata juru bicara militer Ukraina Nazar Voloshyn.

Di sisi lain, pesawat tak berawak (drone) Ukraina menghantam kilang minyak Ilsky di wilayah Krasnodar selatan Rusia. Dua orang terluka dan terjadi kebakaran kecil akibat peristiwa ini.

Kilang Ilsky adalah salah satu produsen bahan bakar utama di Rusia selatan, dengan kapasitas untuk memurnikan 6,6 juta ton minyak mentah (132.000 barel per hari) per tahun.

Serangan drone terhadap depo bahan bakar besar di seluruh Rusia semakin meningkat dalam beberapa hari terakhir.