Bagikan:

JAKARTA - Kapal induk bertenaga nuklir AS, Theodore Roosevelt, tiba di kota pelabuhan Busan di Korea Selatan untuk latihan militer bersama dengan negara tuan rumah dan Jepang, kata angkatan laut Korea Selatan.

Dilansir Reuters, kapal induk AS tiba di Busan pada Sabtu, 22 Juni. Diketahui, para pemimpin ketiga negara sepakat pada pertemuan puncak Camp David pada Agustus 2023 untuk mengadakan latihan militer tahunan karena mereka mengutuk “perilaku berbahaya dan agresif” Tiongkok di jalur perairan Laut Cina Selatan yang disengketakan.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengunjungi Korea Utara pekan ini untuk pertama kalinya dalam 24 tahun dan menandatangani perjanjian dengan pemimpin Kim Jong Un yang mencakup janji pertahanan bersama.

Ini adalah salah satu langkah Rusia yang paling signifikan di Asia selama bertahun-tahun, yang digambarkan Kim sebagai sebuah aliansi.

Kunjungan tersebut terjadi tujuh bulan setelah kunjungan ke Korea Selatan oleh kapal induk AS lainnya, Carl Vinson, untuk menunjukkan pencegahan yang lebih luas terhadap program nuklir dan rudal Korea Utara.