Kapal Induk USS Ronald Reagan Merapat ke Busan, Kirim Pesan ke Korut?
Foto via @Gipper_76

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah kapal induk AS akan bersandar di Korea Selatan pekan ini untuk latihan bersama pertama kalinya dalam sekitar empat tahun.

USS Ronald Reagan akan tiba di pangkalan angkatan laut di kota pelabuhan selatan Busan pada hari Jumat 23 September mendatang, kata Angkatan Laut Korea Selatan dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Channel News Asia, Senin 19 September.

"Dengan melakukan latihan gabungan, Angkatan Laut kedua negara berencana untuk memperkuat kesiapan militer mereka dan menunjukkan tekad kuat dari aliansi Korea Selatan-AS untuk perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea," kata militer Korsel.

Korea Utara mengecam pengerahan militer AS sebelumnya dan latihan bersama sebagai latihan untuk perang dan bukti kebijakan bermusuhan oleh Washington dan Seoul.

Kunjungan itu akan menjadi yang pertama ke Korea Selatan oleh kapal induk Amerika sejak 2018. Tahun itu, sekutu mengurangi banyak kegiatan militer bersama mereka di tengah upaya diplomatik untuk terlibat dengan Korea Utara.

Pandemi COVID-19 semakin membatasi latihan hingga tahun ini, ketika Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol melanjutkan banyak latihan bersama dan pertunjukan kekuatan militer lainnya sebagai peringatan kepada Korea Utara.

Para pengamat mengatakan Pyongyang juga tampaknya bersiap untuk melanjutkan uji coba nuklir untuk pertama kalinya sejak 2017.

Pada bulan April, USS Ronald Reagan dikerahkan ke perairan antara Korea Selatan dan Jepang untuk pertama kalinya sejak 2017, dan melakukan latihan bersama dengan pasukan Jepang. Kali ini kapal induk dan kelompok penyerangnya akan berlatih dengan pasukan Korea Selatan.

Pada hari Jumat, Amerika Serikat dan Korea Selatan mengecam doktrin nuklir penggunaan pertama Korea Utara yang diungkapkan bulan ini sebagai "meningkat dan tidak stabil" dan Washington berjanji untuk terus mengerahkan dan menggunakan aset strategis untuk mencegah dan menanggapi Pyongyang.