Kapal Induk AS Kembali ke Laut Timur, Korea Utara Luncurkan Dua Rudal Balistik Jarak Pendek
Ilustrasi peluncuran rudal balistik Korea Utara. (Sumber: KCNA)

Bagikan:

JAKARTA - Korea Utara menembakkan dua rudal balistik jarak pendek ke arah Laut Timur pada hari Kamis, kata militer Korea Selatan, setelah kapal induk bertenaga nuklir Amerika Serikat dikerahkan kembali ke perairan itu, merespon peluncuran rudal balistik sebelumnya.

Kepala Staf Gabungan (JCS) Korea Selatan mengatakan, pihaknya mendeteksi peluncuran dari daerah Samsok di Pyongyang antara pukul 06:01 dan 06:23 waktu setempat. Namun tidak memberikan rincian lainnya.

Peluncuran itu dilakukan hanya dua hari setelah peluncuran rudal balistik jarak menengah Korea Utara di atas Jepang.

"Sambil memperkuat pemantauan dan kewaspadaan kami, militer kami mempertahankan postur kesiapan penuh dalam kerja sama erat dengan Amerika Serikat," kata JCS dalam pesan teks yang dikirim kepada wartawan, melansir Korea Times 6 Oktober.

Peluncuran rudal tersebut adalah yang keenam dalam 12 hari, serta yang pertama sejak Korea Utara menembakkan rudal jarak menengah (IRBM) di atas Jepang pada Hari Selasa, mengutip Reuters.

Kemarin, USS Ronald Reagan (CVN-76) kembali ke perairan timur Korea Selatan, setelah berangkat pekan lalu menyusul latihan dengan Angkatan Laut Korea Selatan dan kemudian latihan perang anti-kapal selam trilateral yang melibatkan Jepang.

Kapal induk itu diharapkan untuk terlibat dalam latihan trilateral lain dengan Jepang di perairan internasional Laut Timur di kemudian hari.