Bagikan:

JAKARTA - Sebuah undian lotre di Filipina memicu seruan penyelidikan, setelah lebih dari 400 orang keluar sebagai pemenang dengan kombinasi angka kelipatan sembilan.

Angka-angka itu adalah 9, 18, 27, 36, 45 dan 54. Menurut BBC, peserta Grand Lotto harus memilih enam nomor dari satu hingga 55.

Mereka menang ketika keenam nomor yang dipilih cocok dengan yang ditarik oleh operator lotere.

Diadakan pada Sabtu malam pekan lalu oleh Kantor Undian Amal Filipina (PCSO), jackpot Grand Lotto sebesar 236 juta peso Filipina (Rp61.088.897.383) dibagikan kepada 433 pemenang, Bloomberg melaporkan.

Ini adalah jumlah tertinggi orang yang pernah memenangkan Grand Lotto. Masing-masing dari mereka membawa lebih dari 545.000 peso Filipina atau sekitar Rp140.770.678

Pemimpin minoritas senat Filipina Koko Pimentel menulis dalam sebuah unggahan Facebook, hasil "aneh dan tidak biasa" dari Grand Lotto Hari Sabtu memerlukan penyelidikan.

"Saya akan mengajukan resolusi, karena ini menjadi perhatian saya, permainan lotre ini disahkan oleh Republik Filipina," katanya, melansir CNA 5 Oktober.

"Oleh karena itu, kami perlu menjaga dan melindungi integritas permainan judi yang telah kami izinkan ini," lanjutnya.

Pinmentel juga mengatakan, dia akan meminta pendapat ahli statistik dan matematika mengenai hasil undian PCSO.

Terpisah, senator Risa Hontiveros mengatakan dalam sebuah pernyataan, dia mendukung penyelidikan untuk mengesampingkan persepsi, hasil jackpot telah "dimanipulasi".

"Kami juga ingin memastikan sistem aman, bebas dari gangguan dan dapat dipercaya," terangnya.

PCSO, yang dimiliki pemerintah, menunjukkan dalam konferensi pers, penduduk Filipina cenderung bertaruh pada "urutan angka".

Manajer umum PCSO Melquiades Robles mengatakan dalam unggahan Facebook pada Hari Minggu, lotre "adalah permainan kesempatan, tidak ada yang pasti dan tidak dapat dikendalikan".