8 Tahun Lawan Kanker, Imigran Asal Laos di AS Menangkan Jackpot 1,3 Miliar Dolar AS
ILUSTRASI UNSPLASH/Amit Lahav

Bagikan:

JAKARTA - Cheng Saephan, imigran asal Laos memenangkan jackpot Powerball senilai 1,3 miliar dolar AS di Oregon, Amerika Serikat (AS). Saephan tengah berjuang melawan kanker selama delapan tahun.

Tiket Powerball yang dimenangkan, dijual pada awal April di toko swalayan Plaid Pantry di Portland,mengakhiri rekor tanpa kemenangan yang telah berlangsung lebih dari tiga bulan.

Pejabat Lotere Oregon dilansir dari CBS News, Selasa, 30 April, mengatakan Cheng Saephan, 46 tahun, yang tinggal di Portland dan menjalani perawatan kemoterapi terakhirnya pekan lalu, mengklaim tiket kemenangan.

“Saya bersyukur atas lotere ini dan betapa saya telah diberkati,” kata Saephan kepada wartawan pada konferensi pers Senin, 29 APril, menurut afiliasi CBS, KOIN.

“Saya mampu menafkahi keluarga dan kesehatan saya. … Hidup saya telah berubah. Sekarang saya dapat memberkati keluarga saya dan menyewa dokter yang baik untuk diri saya sendiri.”

Saephan mengatakan dia mengandalkan kombinasi keyakinan dan keberuntungan ketika dia membeli lebih dari 20 tiket untuk pengundian.

“Saya berdoa kepada Tuhan untuk membantu saya,” katanya. “Anak-anak saya masih kecil dan saya tidak begitu sehat.”

Para pejabat mengatakan Saephan memutuskan untuk mengambil kemenangannya sebagai uang tunai, 422 juta dolar AS setelah pajak, bersama istrinya Duanpen Saephan, 37, dan temannya Laiza Chao, 55, dari Milwaukie.

Saephan mengatakan temannya mendapatkan bagian dari kemenangan karena dia memberinya 100 dolar AS untuk pembelian kupon.

Dia berencana membeli rumah untuk dirinya sendiri bersama keluarganya di Oregon. Dia juga mengatakan kemungkinan akan terus bermain lotre setelah kemenangannya.

“Saya mungkin beruntung lagi,” katanya. "Aku akan terus bermain."

Berdasarkan undang-undang Oregon, dengan sedikit pengecualian, pemain lotere tidak bisa tetap anonim. Pemenang memiliki waktu satu tahun untuk mengklaim hadiah utama.

Lotere Oregon mengatakan harus melalui proses keamanan dan pemeriksaan sebelum mengumumkan identitas orang yang mengajukan klaim hadiah tersebut.

Hadiah 1,3 miliar Dolar AS adalah jackpot Powerball terbesar keempat dalam sejarah, dan terbesar kedelapan di antara permainan jackpot AS, menurut Oregon Lottery.