Ketua Parlemen Rusia Bakal Hadiri Pertemuan G20 di Jakarta, Diagendakan Bertemu Puan Maharani dan La Nyalla
Ketua Dewan Federasi Rusia Valentina Matviyenko. (Wikimedia Commons/Federation Council)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Majelis Tinggi Parlemen Rusia atau Dewan Federasi Valentina Matviyenko direncanakan menghadiri pertemuan G20 di Jakarta, serta menemui sejumlah pejabat dalam negeri, kata layanan pers Dewan Federasi.

"Pada 5-7 Oktober, delegasi parlemen Rusia yang dipimpin oleh Ketua Dewan Federasi Valentina Matviyenko akan mengunjungi Republik Indonesia," kata layanan pers, mengutip TASS 5 Oktober.

"Matviyenko akan berpartisipasi dalam KTT kedelapan para pemimpin parlemen G20 di Jakarta, menyampaikan pidato selama sesi tentang ketahanan pangan dan energi dan tantangan lingkungan dan berpartisipasi dalam diskusi yang ditujukan untuk integrasi sosial, kesetaraan gender dan perluasan hak-hak perempuan dan peluang," sambung layanan pers.

Dia dijadwalkan bertemu dengan pejabat senior dan anggota parlemen Indonesia, termasuk Ketua DPR Puan Maharani dan Ketua DPD La Nyalla Mattalitti.

Selain itu, Matviyenko juga akan mengadakan serangkaian pertemuan bilateral lainnya di sela-sela acara.

Lebih jauh dijelaskan, delegasi parlemen Rusia juga termasuk Wakil Ketua Dewan Federasi Konstantin Kosachev, Wakil Ketua Duma Negara (majelis rendah) Pyotr Tolstoy, Ketua Komite Dewan Federasi untuk Sains, Pendidikan dan Kebudayaan Liliya Gumerova, serta Wakil Ketua Pertama Komite Urusan Internasional Dewan Federasi Vladimir Dzabarov.

Diketahui, konferensi kedelapan para pemimpin parlemen G20 diselenggarakan menjelang KTT G8. Agendanya mencakup isu-isu pembangunan berkelanjutan, ekonomi hijau, ketahanan pangan dan energi, tantangan ekonomi, kerja legislatif yang efisien, demokrasi yang layak, integrasi sosial, kesetaraan gender dan hak-hak perempuan.