Hadiri Sidang P20 India, Puan Dorong Parlemen G20 Jaga Kondusifitas dan Tekan Ketegangan Geopolitik
Ketua DPR Puan Maharani hadiri P20 ke-9 di Yashobhoomi Convention Centre, New Delhi, India, Jumat, 13 Oktober. (Ist)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani hadiri P20 ke-9 di India. Pada sidang parlemen negara-negara G20 itu, Puan dorong pentingnya intervensi global untuk mencapai Sustainable Development Goals (SDGs).

Dalam sidang P20 ke-9 India ini tema yang diangkat 'Parliaments for One Earth, One Family, One Future'.

Perdana Menteri India, Narendra Damodardas Modi membuka langsung acara yang diselenggarakan di Yashobhoomi Convention Centre, New Delhi, India, Jumat, 13 Oktober tersebut.

Pada sesi pertama bertemakan ‘Agenda 2030 untuk SDGs: Menunjukkan Pencapaian, Percepatan Kemajuan’, Puan Maharani menjadi ketua parlemen G20 pertama yang memberikan sambutan.

Puan menekankan pentingnya perdamaian global dan meningkatkan kerja sama antarnegara. Parlemen diminta terlibat dalam menciptakan lingkungan kondusif dan mengurangi ketegangan geopolitik.

Puan yang merupakan Presiden P20 ke-8 juga berbicara soal pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Menurutnya, diperlukan usaha bersama untuk bergotong royong mencari jalan keluar dari berbagai permasalahan global demi terciptanya tujuan pembangunan berkelanjutan. 

“Pencapaian SDGs memerlukan lingkungan yang kondusif. Karena tidak ada pembangunan tanpa perdamaian, dan tidak ada perdamaian tanpa pembangunan,” ujar Puan dalam keterangan tertulis, Jumat, 13 Oktober.

Lebih lanjut, Puan mengatakan, “Pencapaian SDGs sejauh ini dipengaruhi oleh tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya di berbagai bidang seperti perang, meningkatnya ketegangan geopolitik, perubahan iklim, dan pemulihan yang tidak merata. Semuanya saling terkait dan menuntut solusi segera.”

Puan berpesan kepada parlemen G20 untuk bersatu menghadapi tantangan global dan memajukan perdamaian serta pencapaian SDGs untuk dunia yang lebih inklusif, sejahtera, dan setara.

Dalam kesempatan ini, turut hadir juga menemani Puan di P20 ke-9 India di antaranya Ketua BKSAP Fadli Zon, dan sejumlah anggota DPR.

Terkait