Bagikan:

JAKARTA - Pertahanan udara Rusia menghancurkan 117 drone dan empat rudal taktis yang diluncurkan semalam oleh Ukraina yang menargetkan beberapa wilayah termasuk Kursk.

“Rudal dan 37 drone hancur di wilayah Kursk,” kata kementerian itu melalui aplikasi pesan Telegram dilansir Reuters, Rabu, 14 Agustus.

Sementara 37 drone yang diarahkan ke wilayah Voronezh juga dihancurkan. Kementerian Rusia tidak memberikan total senjata udara yang diluncurkan Ukraina.

Pekan lalu, pasukan Ukraina melintasi perbatasan Rusia dan melancarkan serangan di Wilayah Kursk.

Presiden Rusia Vladimir Putin, mengomentari serangan itu dengan mengatakan Ukraina telah melakukan provokasi besar-besaran lainnya dan menembaki target-target sipil secara membabi buta.

Terbaru, kantor Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia (OHCHR) telah meminta akses ke wilayah Kursk di Rusia untuk menyelidiki dugaan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) oleh angkatan bersenjata Ukraina.

juru bicara OHCHR, Ravina Shamdasani mengatakan pengumpulan informasi tentang situasi itu akan sulit dilakukan tanpa akses tersebut.

Badan PBB itu juga menerima surat dari Komisaris Hak Asasi Manusia Rusia, Tatyana Moskalkova, yang mendesak organisasi tersebut untuk mengutuk tindakan terorisme Ukraina di Wilayah Kursk, kata juru bicara OHCHR, Elizabeth Throssell.