Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengatakan tiap calon legislatif (caleg) terpilih di Pileg 2024 dari partainya wajib mengikuti sekolah hukum.

Hal ini disampaikan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat membuka gelaran sekolah hukum yang diikuti caleg DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta pada hari ini, Jumat, 14 Juni.

Kata Hasto, pesan tersebut disampaikan Megawati ketika ia melaporkan pelaksanaan sekolah hukum bersama eks Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD. Kegiatan wajib ini disiapkan oleh Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat.

"Ibu Mega mengatakan bahwa sekolah hukum ini sangat penting dan wajib diikuti oleh seluruh legislatif terpilih, baik di tingkat pusat, di tingkat provinsi, maupun kabupaten kota dilaksanakan secara daring," kata Hasto dalam sambutannya.

Para caleg diharap semangat dalam mengikuti sekolah hukum ini. Sebab, Megawati sebagai ketua umum saja hadir secara daring karena antusiasmenya.

"Begitu antusiasnya Ibu Mega, sehingga kemarin ibu menyatakan, 'saya juga mau ikut sekolah hukum'," tegas eks Anggota DPR RI itu.

"Dan kemudian kami sampaikan bahwa acara ini secara hybrid sehingga beliau mengikuti secara daring," sambung Hasto.

Dalam sekolah hukum ini, nantinya para caleg diharap bisa melihat berbagai persoalan bangsa. Termasuk, ketika konsep supermasi hukum justru bergeser menjadi alat kekuasaan.

"Dan dengan melihat berbagai persoalan-persoalan bangsa saat ini, terkait dengan bagaimana sebagai bangsa negara yang semula didesain dengan konsepsi supremasi hukum berdasarkan ideologi Pancasila, berdasarkan konstitusi kita kemudian di dalamnya praktek terjadi pergeseran yang luar biasa sehingga hukum jadi alat kekuasaan, menjadi alat penguasa," jelasnya.

Adapaun kegiatan ini bakal dilaksanakan selama sebulan penuh setiap hari Jumat secara hybrid. Selain Hasto, acara pembukaan sekolah hukum turut dihadiri Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat, serta sejumlah Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP diantaranya Deddy Sitorus dan Masinton Pasaribu.