Jelang Hari Raya Nyepi 2021, Kedatangan Wisatawan di Bali Meningkat
ILUSTRASI/BANDARA NGURAH RAI BALI (ANTARA)

Bagikan:

DENPASAR - Jumlah wisatawan domestik yang masuk ke Bali jelang Hari Raya Nyepi 2021 meningkat. Diprediksi lonjakan terjadi pada Sabtu, 13 Maret.

Dari data Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, peningkatan penumpang yang datang ke Pulau Dewata sudah terjadi pada Kamis, 11 Maret dengan total penumpang 5.876 orang. Sedangkan penumpang yang keluar Bali mencapai 4.542 orang.

"Biasanya hari biasa (yang datang ke Bali) cuma sekitar 3 ribuan. Sekarang sekitar 5000-an," kata Kepala Dinas Pariwisata Bali, Putu Astawa, saat dihubungi, Jumat, 12 Maret. 

Terjadinya, peningkatan penumpang yang datang ke Bali, sudah pada Rabu, 10 Maret. Diperkirakan kondisi ini terjadi karerna wisatawan ingin menikmati suasana Hari Raya Nyepi 2021 di Bali.

Dispar Bali memperkirakan peningkatan wisatawan terjadi Sabtu, 13 Maret. Diharapkan jumlah wisatawan yang datang mencapai 7 ribu orang. 

“Puncaknya besok, harapannya sekitar 7.000 dan 6.000," harapnya.

Dengan adanya peningkatan wisatawan domestik datang ke Bali menjelang Hari Raya Nyepi, diharapkan membuat produk-produk khas Bali kembali laris meski tak signifikan. 

"Karena, tempat oleh-oleh sepi dan para guide juga nganggur, transportasi juga (bisa) ada. Harapan kita, dari peningkatan ini bisa terindikasi walaupun tidak signifikan," jelasnya.

"Misalkan, dengan datangnya orang akan meningkatkan konsumsi produk-produk makanan dan oleh-oleh. Macam-macam kebutuhan mereka untuk datang ke Bali," sambungnya.

Yang pasti, wisatawan diminta untuk menjaga protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19.