Hasil Uji Klinis Deretan Vaksin COVID-19 Terbaik, Wamenkes Dante: Sinovac Paling Efektif
Ilustrasi (Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) dr Dante Saksono mengungkapkan, deretan jenis vaksin Corona terbaik yang dapat mencegah COVID-19.

"Dari 7 uji klinis vaksin yang besar, seperti Pfizer, Moderna, Johnson & Johnson, Novavax, AstraZeneca, Sputnik V, Sinovac terbukti efektif untuk mencegah komplikasi COVID-19," ujar dr Dante dalam sebuah webinar, Minggu, 7 Maret.

Meski demikian, dr Dante menyebutkan bahwa vaksin paling bagus adalah vaksin yang bisa segera didapatkan, sehingga dapat melindungi diri COVID-19. 

"Jawaban saya, bukan sebagai siapa di Kementerian Kesehatan, tapi sebagai dokter yang sehari-hari bertemu dengan pasien adalah vaksin apa pun yang terbaik asalkan Bapak dan Ibu dapat divaksin, itulah yang terbaik," kata dr Dante.

Menurutnya, vaksin Corona memang tidak dapat mencegah infeksi. Tetapi kekebalan yang didapat dari vaksinasi membuat tubuh tak akan mengalami infeksi parah apabila terkena COVID-19.

"Hal ini membuat kami yakin bahwa vaksinasi ini penting bagi kita semua apa pun mereknya," ucapnya.

Dante juga menambahkan, apabila infeksi virus Corona hanya menyebabkan gejala ringan yang tidak berbahaya atau mematikan, maka negara-negara tak akan sibuk melakukan vaksinasi COVID-19 kepada warganya.