Jalur Sepeda Sudirman-Thamrin Hampir Rampung, Wagub Riza Ingatkan Warga DKI Disiplin Lalin
Ilustrasi-Jalur Sepeda (Foto: Angga Nugraha/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Pembangunan jalur sepeda dengan proteksi di Jalan Sudirman-Thamrin ditargetkan rampung pada akhir Maret 2021.

Jalur sepeda sepanjang 11,2 kilometer dan lebar dua meter itu dilengkapi beberapa fasilitas. Salah satunya bike rack yang berguna sebagai rest area pesepeda.

Menyikapi ini, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengingatkan warga, khususnya pengendara kendaraan bermotor agar disiplin aturan lalu lintas (Lalin) dengan tidak masuk ke jalur sepeda Sudirman-Thamrin.

Imbaun ini dikeluarkan menyusul viralnya video mobil mewah yang masuk jalur sepeda pada Sabtu, 27 Februari lalu di sosial media.

"Yang pesepeda di jalurnya, tidak boleh menggunakan jalur lain. Sepeda motor juga jangan mengganggu jalur sepeda. Jadi masing-masing. Pejalan kaki ada di trotoar. Jangan pesepeda masuk ke trotoar. Apalagi motor masuk di trotoar," ujar Riza, Minggu, 7 Maret.

 

Riza berharap adanya jalur sepeda tersebut dapat membuat masyarakat beralih menggunakan sepeda dalam aktifitas sehari-hari. Ia juga ingin masyarakat bersepeda tidak hanya untuk kepentingan olahraga dan rekreasi, tetapi ke depan bisa menjadi alat transportasi.

"Mudah-mudahan ke depan makin banyaklah masyarakat termasuk yang menggunakan sepeda ke kantor, ke tempat-tempat tujuan lainnya," harap Riza.