Anies ke <i>Skateboarder</i> ‘Nikmati Jakarta’, Wagub Riza Tegaskan Larangan Main di Trotoar, Siap Perbanyak <i>Skatepark</i>
ILUSTRASI/ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menegaskan lagi larangan bermain skateboard di trotoar. Para skateboarders diminta bermain di ruang terbuka.

“Kalau mengacu pada peraturan Undang-Undang yang ada kan fungsinya ada, trotoar fungsinya untuk pejalan kaki. Iya kan? Untuk skateboard kami sudah sediakan di banyak tempat. tempatnya itu ada di beberpaa tempat, ada yang di Kalijodo, Dukuh Atas, kolong flyover Slipi, kolong flyover Pasar Rebo, di Senayan, di banyak tempat,” kata Wagub Riza kepada wartawan, Jumat, 5 Maret. 

Lokasi-lokasi yang disebutkan Wagub Riza bisa dimanfaatkan warga Jakarta termasuk skateboarders. Riza menegaskan janji Pemprov DKI yang sudah disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menambah tempat bermain. 

“Pak gubernur menyampaikan akan menambah tempat-tempat skateboard di banyak tempat. Tentu harapan kami teman-teman yang bermain, bermainlah di tempatnya. Kalau bermain di trotoar, nanti mengganggu pengguna jalan, pengguna jalan kaki keberatan kalau ada sepeda masuk trotoar. Kalau ada pemain skateboard masuk trotoar apalagi sepeda motor semua ada tmepatnya,” papar Riza. 

Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengingatkan para pemain skateboard untuk memanfaatkan skatepark yang ada. Harapannya, agar Jakarta bisa berguna bagi seluruh warganya.

"Nikmati Jakarta, manfaatkan semua fasilitasnya, bangun perasaan pertemanan dan persaudaraan, Insyaallah Jakarta terasa jadi kota bagi semuanya," kata Anies usai bertemu dengan pemain skateboard Satria Vijie di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis, 4 Maret. 

Pertemuan ini terjadi karena beberapa hari ini viral video yang menggambarkan Satpol PP cekcok dengan pemain skateboard di salah satu trotoar Jakarta.

Anies menambahkan, di Jakarta sudah banyak Skate Park, sehingga dia berharap ini dimanfaatkan oleh para pemain skateboard. "Di situ kesempatan teman-teman untuk berinteraksi bikin kegiatan yang positif, ketemu teman-teman dari banyak tempat," katanya. 

Anies pun mengingatkan, setiap kegiatan di luar rumah harus taat protokol kesehatan, termasuk bermain skateboard. 

"Silakan main skateboard tapi masker jangan lewat dipakai, jaga jarak juga dipakai. Insyaallah dengan begitu, mainnya dapat sehatnya juga dapat," kata dia.