Masuk Jajaran Wanita Tercantik di Dunia, Artis Ini Ikut Unjuk Rasa Tolak Kudeta Militer Myanmar
Khin Wint Wah. (Instagram/khinwintwah)

Bagikan:

JAKARTA - Tak peduli dengan desingan peluru dan asap gas air mata, artis sekaligus model cantik Myanmar Khin Wint Wah ikut dalam aksi menentang unjuk rasa kudeta militer Myanmar. 

Dalam akun Instagram miliknya @khinwintwah, Ia acap kali membagikan momen saat turun ke jalan, menentang kudeta militer Myanmar, menuntut pembebasan Pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi dan Presiden U Win Myint.

Pada unggahan lainnya, mengenakan baju kaos merah dan masker, serta helm pelindung, gadis cantik ini mengepalkan tangannya bersama pengunjuk rasa anti kudeta militer Myanmar, dengan latar belakang bendera Partai Liga Nasional untuk Demokrasi.

"Please free our leader," tulisnya dalam sebuah unggahan foto yang memperlihatkan ia berunjuk rasa sambil membawa kertas bergambar Aung San Suu Kyi di Instagram.

khay
Khin Wint Wah saat berunjuk rasa. (Instagram/khinwintwah)

Penolakannya terhadap kudeta militer Myanmar sudah dilakukan pada tanggal 1 Februari atau sesaat setelah militer Myanmar melakukan kudeta. 

"We , Myanmar citizens need the world to know what's happening in Myanmar right now before our wifis are cut off.

They already cut off TVs broadcasting lines, phone services in order to prevent us reaching to the world.

Again in 2021! History is about to be repeated like in 1988. We couldn't let it happen again,guys, please help us in spreading what's happening in Myanmar.

Help us. Military has detained our elected democratic government,party leaders and political activists in Myanmar.Now,national television channels and phone services are cut out nationwide.

Help us,world leading democracy," tulisnya di Instagram pada 1 Februari. 

Sementara di akun Twitter miliknya @KWWOFFICIAL, Ia rajin mengunggah berbagai foto dan kabar terkini seputar aksi unjuk rasa menolak kudeta militer. 

Lahir di Yangon, Myanmar pada 21 September 1994, Khin WInt Wah yang memiliki panggilan Khay ini memulai karirnya di dunia hiburan sebagai model pada tahun 2012. 

Setahun kemudian, pemilik gelar sarjana di bidang Botani dari Yangon University ini meraih gelar Miss Supranational Myanmar. Setelahnya, Ia dipercaya sebagai model dan duta besar beragam produk, mulai dari produk kecantikan hingga aplikasi chatting.

khay
Khin Wint Wah. (Instagram/khinwintwah)

Di tahun 2017, Khay terjun ke layar lebar dengan membintangi film Cho Myain Thaw Let Sar Chay Chin. Total ada enam film layar lebar, lebih dari 80 film televisi dan satu drama serial.

Tahun 2020 lalu, Ia masuk dalam jajaran wanita tercantik di dunia. Enggak cuma satu, tapi dua daftar wanita tercantik di dunia sekaligus. Pertama, Ia masuk dalam jajaran wanita tercantik di dunia versi TC Candler’s 100 Most Beautiful Faces of 2020. Kemudian, Ia juga menduduki peringkat ke-9 wanita tercantik di dunia tahun 2020 versi TopBeauty.id.