Tak Kunjung Diperbaiki, Kawasan Hek Kramatjati Kembali Tergenang Banjir Akibat Turap Kalibaru Jebol
Banjir di kawasan Pasarhek Ciracas Jaktim/ Foto: Rizky Sulistio/ VOI

Bagikan:

JAKARTA - Sepanjang Jalan Raya Bogor KM 19, Kawasan Hek, Kelurahan Balekambang, Kecamatan Kramatjati, Jakarta Timur, tergenang banjir akibat luapan Kali Baru yang melintas di sisi Jalan Raya Bogor pada Senin, 25 Maret.

"Air mulai tergenang sejak pukul 03.15 WIB. Saat ini masih dalam penanganan," ucap salah satu petugas BPBD DKI Jakarta, Senin, 25 Maret.

Luapan air itu disebabkan karena adanya turap tanggul kali yang jebol akibat debit air yang sangat deras.

"Banjir akibat turap jebol," katanya.

Akibat genangan air tersebut, kawasan Hek tergenang banjir setinggi 30 cm.

"Arus deras dan debit air tinggi. Sudah koordinasi dengan pihak kelurahan dan warga sekitar," ucapnya.

Sebelumnya, tanggul atau turap sisi kanan aliran Kali Kalibaru, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, alami jebol sepanjang 2 meter, Kamis, 30 November 2023.

Akibatnya, aliran air yang datang dari bendungan Katulampa, Bogor, meluap dan melimpas ke Jalan Raya Bogor, pertigaan Hek, Kramat Jati, Jakarta Timur.

Kondisi jebolnya tanggul membuat warga Jalan Rahayu, RT 01/01 menjadi khawatir akan banjir yang melanda kawasan permukiman mereka. Warga ketar-ketir jikalau hujan sudah turun dan adanya kiriman air dari Katulampa, Bogor.

"Tiap hujan selalu banjir, kalau kali meluap sudah pasti (banjir). Tadi dari subuh pas saya bangun tidur sudah banjir. Air meluap dari Kalibaru, tanggulnya jebol," kata Robi (38) warga Jalan Rahayu di lokasi.