Tanggul 2 Meter di Kali Kalibaru Kramat Jati Jebol Lagi, Air Meluap ke Jalanan dan Permukiman Warga
Tanggul 2 Meter di Kali Kalibaru Kramat Jati Jebol/ Foto: Rizky Sulistio/ VOI

Bagikan:

JAKARTA - Tanggul atau turap sisi kanan aliran Kali Kalibaru, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, alami jebol sepanjang 2 meter, Kamis, 30 November.

Akibatnya, aliran air yang datang dari bendungan Katulampa, Bogor, meluap dan melimpas ke Jalan Raya Bogor, pertigaan Hek, Kramat Jati, Jakarta Timur.

Kondisi jebolnya tanggul membuat warga Jalan Rahayu, RT 01/01 menjadi khawatir akan banjir yang melanda kawasan permukiman mereka. Warga ketar-ketir jikalau hujan sudah turun dan adanya kiriman air dari Katulampa, Bogor.

"Tiap hujan selalu banjir, kalau kali meluap sudah pasti (banjir). Tadi dari subuh pas saya bangun tidur sudah banjir. Air meluap dari Kalibaru, tanggulnya jebol," kata Robi (38) warga Jalan Rahayu di lokasi.

Dari pantauan VOI di lokasi, aliran air Kali Kalibaru cukup deras. Volume air yang mengalir nyaris mencapai atas turap atau tanggul yang ada. Bahkan, aliran air juga terus meluber melalui tanggul atau turap yang jebol.

Derasnya aliran air terus tercecer menggenangi Jalan Raya Bogor, pertigaan Hek, Kramat Jati. Sementara terlihat satgas Sudin Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur di lokasi Kali Kalibaru.

Mereka sibuk membuat tanggul penahan sementara dari bambu dan triplek. Namun belum ada perbaikan secara permanen di kawasan tersebut.