Lagi-lagi Tanggul Kalibaru Kramat Jati Jebol Kawasan Hek Kramat Jati Banjir
Tanggul Kalibaru Kramat Jati Jebol/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Tanggul Kalibaru di Jalan Raya Bogor, Kelurahan Tengah, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, kembali jebol, Rabu, 3 April. Akibatnya, aliran air di Kalibaru meluap dan melimpas ke jalan pertigaan Hek, Jalan Raya Bogor, Kramat Jati.

Dampak banjir pun menimbulkan kemacetan panjang, baik dari arah Kramat Jati menuju Pasar Rebo dan sebaliknya maupun dari Tamini Square menuju Kampung Dukuh. Bahkan, banjir terlihat setinggi betis orang dewasa itu menyebabkan sejumlah kendaraan mogok.

Petugas Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur, Sanchez mengatakan, luapan Kalibaru Hek ini kembali terjadi dikarenakan hujan merata yang menerpa Jabodetabek sejak Rabu siang.

"Meski sudah ditinggikan dengan menggunakan bronjong karung berisi pasir di pinggiran Kali, namun air tetap meluap dan limpasan airnya menggenangi pertigaan Hek ini," katanya.

Saat ini petugas gabungan SDA, PPSU, kepolisian dan TNI dikerahkan untuk menangani limpasan air di pertigaan tersebut. Petugas kemudian meninggikan kembali tinggi Kali Baru dengan karung pasir guna mencegah limpasan air terus mengaliri jalan.