10 Kotak Suara di Jakpus Rusak Dimakan Rayap
Iustrasi kotak suara Pemilu/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Sepuluh kotak suara yang tersimpan di lantai dasar Kantor Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Pusat, Kecamatan Gambir, ditemukan rusak dan bolong diduga akibat dimakan hama rayap.

Anggota PPK Divisi Logistik Gambir, Ponco Margono mengatakan, sebenarnya ada 10 kotak surat suara yang rusak. Namun 8 diantaranya rusak karena dimakan rayap pada bagian bawah.

"Dua kotak lainnya itu bukan rusak karena rayap tapi rusak saat loading barang. Tanggal 27 Desember kita tiba dan 28 Desember kita rakit. Saat merakit itu didapati dua kotak suara bolong," kata Ponco Margono saat dikonfirmasi, Selasa, 23 Januari.

Delapan kotak suara itu rusak setelah dua minggu dari proses merakit. Diduga adanya hama rayap di dalam gedung yang lembab. Kerusakan kotak tersebut diketahui 7 Januari 2024 lalu.

"Kita juga sudah buat berita acara penggantinya. Kotak yang rusak ini juga masih kita simpan dan belum diganti dengan yang baru. Kita juga sudah melaporkan ke KPU Jakarta Pusat," katanya.