Anies: Banjir Sudah 100 Persen Surut
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama jajarannya mengecek lokasi banjir (Foto: Twitter @aniesbaswedan)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan bahwa semua wilayah di Ibu Kota yang sempat terendam banjir, saat ini telah surut 100 persen.

"Hari Senin dini hari, jam 3 pagi tadi, dipastikan 100 persen sudah surut," kata Anies di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Senin, 22 Februari.

Anies menyebut, sejak Sabtu, 20 Februari, kawasan Jabodetabek dilanda cuaca ekstrem dengan hujan lebat yang rata-rata memiliki curah hujan di atas 150 milimeter per hari.

"Kategorinya ekstrem. Di Jakarta sampai 226 milimeter. Alhamdulillah, pada hari Minggu satu hari kemudian 99,9 persen surut," ujar dia.

Anies bilang, surutnya banjir di kawasan terdampak berkat kerja keras seluruh jajaran Pemprov DKI untuk melakukan pemompaan. 

Sehingga, pagi ini, seluruh kegiatan perekonomian dan kegiatan pemerintahan bisa berlangsung tanpa ada gangguan sedikit pun akibat curah hujan ekstrem.

"Saya ingin menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran yang bekerja ekstrea keras untuk memastiakn bahwa semua dampak dari cuaca ekstrem tersebut bisa dikendalikan," tuturnya.

Banjir yang terjadi akibat hujan yang terjadi secara terus menerus pada Jumat, 19 Februari lalu hingga Sabtu, 20 Februari lalu membuat 342 RT dari 113 RW terdampak banjir. Sementara, jumlah pengungsi sebanyak 3.311 jiwa, tersebar di 44 lokasi pengungsian.