Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengumumkan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD sebagai calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Ia menyebut sosok ini bukanlah orang asing karena sama-sama pernah bertugas di Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

“Beliau pernah menjadi Anggota Dewan Pembina di Badan Pembinaan Ideologi Pancasila. Jadi saya bisa, sangat bisa mengerti dari cara berpikirnya, cara pikirannya,” kata Megawati di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 18 Oktober.

Selain itu, Mahfud juga disebut sosok yang intelek oleh Megawati. “Saya perhatikan pengetahuan beliau di masalah hukum cocok, sangat penuh dengan pengalaman dan pengetahuan,” ungkap Presiden ke-5 RI itu.

Kemudian Megawati menganggap Mahfud sebagai sosok yang tepat karena punya pengalaman lengkap di bidang eksekutif, yudikatif, dan legislatif.

“Lalu, Prof Mahfud juga dikenal rakyat sebagai pendekar hukum dan pembela wong cilik,” tegasnya.

Megawati meyakini Mahfud bisa melengkapi Ganjar Pranowo. Keduanya diharap bakal dipilih rakyat untuk melanjutkan kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Bahwa rakyat dapat ikut menjadikan kedua beliau ini untuk menjadi pemimpin negara dan bangsa di waktu yang akan datang,” ujarnya.

Adapun dalam pengumuman cawapres ini seluruh ketua umum partai pengusung Ganjar hadir seperti Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono, Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang, Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo, dan Ketua Tim Pemenangan Nasional Ganjar Presiden (TPN GP) Arsjad Rasyid.

Kemudian hadir juga petinggi PDIP seperti Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Bendahara Umum PDIP Olly Dondokambey, Ketua DPP PDIP yang juga anak Megawati, Prananda Prabowo dan Puan Maharani serta kader lainnya.