Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri secara resmi mengumumkan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD sebagai calon wakil presiden (cawapres) pada hari ini, Rabu, 18 Oktober. Ia akan mendampingi Ganjar Pranowo di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Bismillahirrohmanirrohim, maka calon wakil presiden yang dipilih oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang akan mendampingi Bapak Ganjar Pranowo adalah Bapak Prof. Dr. Mahfud MD,” kata Megawati di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 18 Oktober.

Megawati mengatakan dipilihnya Mahfud sebagai cawapres sudah melalui berbagai kontemplasi dan dialog pikiran. “Dengan mantap saya telah mengambil keputusan,” tegasnya.

Selain itu, pemikiran berbagai pihak juga sudah didengarkan Megawati sebelum memilih Mahfud. Di antaranya, dari ketua umum partai pendukung Ganjar hingga para tokoh.

Sebagai informasi, pasangan ini didukung oleh PDI Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hanura, dan Partai Perindo.

Adapun dalam pengumuman cawapres ini seluruh ketua umum partai pengusung Ganjar hadir dalam acara tersebut Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono, Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang, Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo, dan Ketua Tim Pemenangan Nasional Ganjar Presiden (TPN GP) Arsjad Rasyid.

Kemudian hadir juga petinggi PDIP seperti Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Bendahara Umum PDIP Olly Dondokambey, Ketua DPP PDIP yang juga anak Megawati, Prananda Prabowo dan Puan Maharani serta kader lainnya.