Pesan Tenaga Kesehatan Berusia 65 Tahun di Papua yang Divaksin Pertama
Dr. Renny Bagus (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Dr. Renny Bagus (65 tahun) menjadi tenaga kesehatan lanjut usia pertama yang menerima vaksin COVID-19 di Papua.

"Memang benar saya menjadi nakes tertua di Papua yang menerima vaksin COVID-19," kata Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Papua dr. Renny Bagus, di Jayapura, dilansir Antara, Selasa, 9 Februari.

Dr. Renny yang divaksin Senin, 8 Februari menyatakan, tidak ada keluhan berarti yang dirasakan sejak divaksin.

​​​​Nakes harus menjadi pelopor penerima vaksin COVID-19 yang memang awalnya diutamakan untuk tenaga kesehatan.

Kesempatan itu seharusnya diambil karena dengan menerima vaksin dapat meningkatkan kekebalan tubuh si penerima sekaligus melindungi diri sendiri, kata dr. Renny yang mengaku tidak ada kesiapan khusus sebelum menerima vaksin tersebut.

"Nakes diharapkan dapat mengikuti program pemberian vaksin COVID-19 karena saat ini diutamakan nakes sehingga menjadi contoh bagi masyarakat yang juga akan menjadi sasaran vaksin tersebut, " harap dr. Renny .

 

Sementara itu Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Papua de. Aaron Rumainum secara terpisah mengakui pencapaian vaksinasi COVID-19 baru mencapai 16,84 persen untuk vaksin pertama atau 3.288 orang yang divaksin.

Sedangkan penerima vaksin kedua baru 3,45 persen atau 673 orang, kata Aaron seraya menambahkan, target nakes yang divaksin sebanyak 19.529 orang.

"Mudah-mudahan target nakes dapat terpenuhi sehingga nakes terlindungi dari COVID-19, " harap dr. Aaron Rumainum.