JAKARTA – Logo ikonik Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA) yang disebut meatball atau bakso akan berusia 65 tahun. Logo ini akan berulang tahun pada 15 Juli mendatang.
Diresmikan pada tahun 1959, logo ini dikembangkan di Pusat Penelitian Lewis yang kini berganti nama menjadi Pusat Penelitian Glenn. Kepala desainer dari pembuatan logo ini adalah karyawan NASA yang bernama James Modarelli.
Desain ini telah menjadi ciri khas dari NASA dengan menggunakan warna merah, putih, dan biru. Logo itu juga menyertakan beberapa elemen yang menggambarkan luar angkasa dan misi aeronautika yang dikerjakan oleh NASA.
Sejak diresmikan, logo ini digunakan sebagai stempel resmi NASA, simbol yang ditambahkan ke badan roket, hingga Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Logo ini juga sudah diterbangkan ke Bulan melalui misi Apollo pada tahun 1969.
BACA JUGA:
Selain menjadi ciri khas lembaga tersebut, logo yang berbentuk bulat seperti bakso ini banyak digunakan di berbagai macam produk. Derek Aimee, Manajer Penjualan Barang Dagangan dan Merek NASA, mengatakan bahwa bahwa logo ini banyak diminati.
"Elemen merek NASA sangat populer," kata Aimee. "Setiap tahun, lembaga tersebut menerima permintaan untuk menjual lebih dari 10.000 barang yang terinspirasi NASA." Logo ini ditambahkan ke dalam pakaian, tas, topi, dan masih banyak lagi.
Sebagai bentuk perayaan atas usia logo bakso yang mencapai 65 tahun, Pusat Penelitian Glenn akan menyelenggarakan hari masuk gratis di Great Lakes Science Center pada tanggal 15 Juli untuk menggelar acara pemotongan kue.