Bagikan:

JAKARTA – Apple akan menutup salah satu toko ritelnya di Swedia. Kabarnya, Apple Store yang berada di Väla Centrum, pusat perbelanjaan di negara tersebut, akan ditutup secara permanen pada 13 Juli.

Kabar penutupan toko ini telah dikonfirmasi oleh Apple. Melalui situs web Apple Väla Centrum, pihak perusahaan mengatakan bahwa, "Hari terakhir kami buka adalah 13 Juli." Toko juga akan tutup dua jam lebih cepat dari biasanya di hari terakhir beroperasi.

Apple tidak menjelaskan alasan di balik penutupan toko ritel ini. Namun, Michael Steeber di Tabletops, dilansir dari 9to5mac, mengatakan bahwa Apple akan fokus dengan Apple Mall of Scandinavia, toko ritel terbaru yang akan dibangun di Solna, Stockholm.

Meski digantikan dengan Apple Mall of Scandinavia, Apple Store di Väla Centrum berjarak sangat jauh dengan toko tersebut. Toko yang berada di Helsingborg itu berjarak sekitar 550 kilometer dari Apple Mall of Scandinavia.

Apple Väla Centrum telah beroperasi selama hampir sebelas tahun. Toko ritel ini didirikan pada November 2013 dan menjadi salah satu Apple Store yang beroperasi dalam waktu lama. Toko ini dikategorikan sebagai Apple Store ke-405.

Selama hampir satu dekade, Apple berusaha mendirikan toko ritel utama di Stockholm. Pembangunan Apple Store di lokasi ini seharusnya berjalan dengan lancar, tetapi perusahaan harus menghadapi pertentangan dari pemimpin di daerah tersebut.

Akibat dari pertentangan ini, proyek pembangunan Apple Store di Stockholm harus dibatalkan. Meski perusahaan menghadapi berbagai macam tantangan, mereka akhirnya berhasil mendirikan Apple Mall of Scandinavia yang akan dibuka pada akhir tahun ini.