Ada Pekerjaan MRT Fase 2A, Jalan Medan Merdeka Barat Dipersempit Hingga 30 Juni
DOKUMENTASI/Pembangunan Stasiun MRT Thamrin dan Monas/DOK PT MRT Jakarta

Bagikan:

JAKARTA - PT MRT Jakarta masih mengerjakan konstruksi MRT Fase 2A hingga kini. Saat ini, pekerjaan akan dilakukan dengan pengeboran terowongan southbound dari Stasiun Monas menuju Stasiun Harmoni dengan total panjang terowongan sekitar satu kilometer.

Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta Ahmad Pratomo menuturkan, sebelum pekerjaan pengeboran dilakukan, mesin bor terowongan atau tunnel boring machine (TBM) 1 akan terlebih dahulu dibongkar.

"Mesin TBM-1 kemudian diangkat, dan dibawa dari sisi utara Stasiun Bundaran HI menuju sisi utara Stasiun Monas melalui pintu masuk silang barat daya pada kawasan Monas," kata Pratomo dalam keterangannya, Selasa, 23 Mei.

Pekerjaan ini dilakukan beberapa tahap. Pertama, pekerjaan pengangkatan mesin TBM-1 dilakukan di sisi utara Stasiun Bundaran HI yang berlangsung pada tanggal 15, 19 dan 23 Mei 2023 pukul 22.00 – 04.00 WIB akan dilakukan penutupan 2 lajur kendaraan Jalan M.H. Thamrin sisi barat setelah Proyek Gedung Indonesia One hingga depan Gedung Lippo Thamrin.

"Kemudian mesin TBM-1 akan dibawa menuju Stasiun Monas melalui Jalan M.H. Thamrin lalu masuk ke kawasan Monas melalui pintu silang barat daya Monas," ungkap dia.

Kemudian, terdapat pekerjaan peningkatan stabilitas tanah dengan metode power blender untuk entrance 1 Stasiun Monas di Jalan Museum. Hal ini akan dilakukan pada tanggal 29 Mei hingga 30 Juni 2023 dan hanya dilakukan pada pukul 22.00 – 04.00 WIB.

Pada masa pengerjaan tersebut, terdapat penyempitan jalan Medan Merdeka Barat.

"Selama pekerjaan berlangsung, Jl. Merdeka Barat akan terokupansi sekitar 1,5 meter untuk mengakomodasi jalur pedestrian. Sehingga pada pukul 04.00 – 22.00 WIB jalur pedestrian akan kembali menggunakan eksisting," urainya.

Pratomo menuturkan, mesin TBM-1 dan TBM-2 yang digunakan dalam konstruksi CP 201 MRT Jakarta, telah berhasil menghubungkan Stasiun Thamrin dengan Stasiun Monas pada tanggal 15 Desember 2022, dan berhasil menghubungkan Stasiun Bundaran HI dengan Stasiun Thamrin pada tanggal 20 Maret 2023.

Adapun mesin TBM-2 saat ini sedang melakukan pengeboran terowongan northbound dari Stasiun Monas menuju Stasiun Harmoni.

"PT MRT Jakarta mengharapkan pengertian dan kerja sama dari masyarakat untuk terus mendukung pelaksanaan proyek MRT Jakarta Fase 2. Selain itu, kami juga berharap para pengguna jalan dan angkutan umum agar memerhatikan rambu-rambu serta mengikuti petunjuk petugas konstruksi di lapangan," imbuhnya.