Arkeolog Temukan Papan Skor Suku Maya di Chichen Itza Meksiko
Situs arkeologi Maya Chichen Itza. (Wikimedia Commons/Claude Belair)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah papan skor dari batu yang digunakan dalam permainan bola kuno, mirip dengan sepak bola telah ditemukan di situs arkeologi Maya Chichen Itza yang terkenal di Semenanjung Yucatan, Meksiko, menurut para arkeolog bulan lalu.

Artefak berbentuk lingkaran dengan diameter lebih dari 32 cm (12,6 inci) dan berat 40 kg (88 pon) itu menampilkan tulisan hieroglif yang mengelilingi dua orang pemain yang berdiri di samping sebuah bola, menurut pernyataan dari Institut Antropologi dan Sejarah Nasional Meksiko (INAH).

"Di situs Maya ini, sangat jarang ditemukan tulisan hieroglif, apalagi teks yang lengkap," kata Francisco Perez, salah satu arkeolog yang mengkoordinir penelitian di kompleks Chichanchob, yang juga disebut Casa Colorada, dilansir dari Reuters 5 Mei.

Batu tersebut, yang diyakini sebagai papan skor, berasal dari tahun 800 Masehi dan 900 Masehi. Sementara, permainan bola adalah praktik tradisional masyarakat Mesoamerika dan diyakini memiliki nuansa ritual.

Para peneliti INAH sekarang sedang mempersiapkan untuk mengambil gambar beresolusi tinggi dari teks dan ikonografi untuk studi terperinci, sambil mempersiapkannya untuk konservasi.

Diketahui, Kompleks Chichen Itza, yang dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO, merupakan salah satu pusat arkeologi utama peradaban Maya di Semenanjung Yucatan. Menurut data resmi, sekitar 2 juta orang mengunjungi situs tersebut setiap tahunnya.